Ibadah Umrah: Suntikan Booster Diperlukan untuk Memasuki Tanah Suci bagi Orang Indonesia yang Disuntik Vaksin Sinovac – Kelapa

  • Whatsapp

Indonesia akhir pekan ini merayakan kabar baik ilahi bahwa Arab Saudi akan membuka kembali perbatasannya bagi para peziarah dari negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun tampaknya kedua negara sedang bekerja untuk menyelesaikan rincian vaksinasi sebelum program dapat dimulai.

Pada hari Sabtu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan bahwa umat Islam Indonesia akan segera diizinkan untuk melakukan perjalanan langsung ke Arab Saudi untuk umrah. haji untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai.

Pada Agustus 2021, Saudi membuka kembali perbatasannya untuk jemaah umrah dari negara-negara tertentu, tetapi mengecualikan Indonesia dari daftar karena angka COVID-19 yang tinggi saat itu. Selain itu, Saudi tidak menerima pemudik yang diinokulasi dengan vaksin Sinovac, yang merupakan jenis yang paling banyak diberikan di Indonesia.

Validasi Saudi baru-baru ini terhadap vaksin Sinovac dan penurunan tingkat COVID-19 di Indonesia adalah alasan di balik penerimaannya terhadap jemaah haji Indonesia, tetapi seorang diplomat Indonesia mengatakan hari ini bahwa tusukan Sinovac saja tidak akan cukup untuk pergi umrah.

“[Pilgrims] mungkin menerima dua dosis Sinovac, tetapi mereka juga harus mendapatkan suntikan booster dari salah satu dari empat vaksin [that Saudi Arabia has validated],” Eko Hartono, Indonesia’s consul-general in Jeddah, said.

Eko merujuk pada vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh Pfizer, AstraZeneca, Johnson & Johnson, dan Moderna.

“Mereka yang telah diinokulasi penuh menggunakan empat vaksin tidak perlu suntikan booster,” tambahnya.

Eko mengatakan para pejabat sedang bekerja untuk mengintegrasikan sertifikat vaksin digital Indonesia ke dalam sistem Saudi untuk dapat mengizinkan mereka masuk ke kerajaan. Karantina pada saat kedatangan mungkin diperlukan bagi jemaah haji Indonesia yang tidak lulus pemeriksaan kesehatan.

Belum ada tanggal yang ditetapkan kapan pembatasan jemaah umrah Indonesia akan dicabut. Namun, mengingat persyaratan booster, tampaknya hal itu tidak akan terwujud selama beberapa bulan lagi karena, secara resmi, suntikan booster saat ini hanya dapat diberikan kepada petugas kesehatan. Indonesia berencana meluncurkan program booster shot berbayar pada awal 2022.

Umrah bukanlah bentuk ziarah wajib dalam Islam dan dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun. Bentuk lain dari ziarah, haji, dilakukan setiap tahun dan wajib bagi Muslim yang mampu secara fisik dan finansial setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Namun, Saudi telah menangguhkan haji sejak awal pandemi, yang berarti bahwa setidaknya 200.000 orang Indonesia harus membatalkan perjalanan mereka ke tanah suci setiap tahun pada tahun 2020 dan 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *