Hujan Abu Tipis Terjadi di Sebagian Wilayah Boyolali – SentraBerita.com

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Material hujan abu menempel pada tanaman warga, di wilayah Mriyan, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Senin (8/3/2021). (Istimewa)

SentraBerita.com, BOYOLALI — Hujan abu tipis kembali terjadi di sebagian wilayah di Kabupaten Boyolali, Jumat (25/6/2021). Hal tersebut terjadi terkait dengan aktivitas Gunung Merapi.

Menurut informasi yang dihimpun SentraBerita.com hujan abu tipis terjadi di sebagaian Kecamatan Musuk dan Tamansari. Sekretaris Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Sri Hartanto, mengatakan hujan abu hanya terjadi di wilayah desa sisi atas.

Baca Juga: Viral di Tiktok, Ini Lirik dan Terjemahan Lagu Meurindu – Rialdoni

“Iya [hujan abu] tapi hanya wilayah atas, Dukuh Beling,” kata dia, Jumat pagi. Intensitasnya pun tidak besar. Dia mengatakan hujan abu yang turun hanya tipis, terlihat di daun tanaman.

Salah satu warga Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jarmaji, mengatakan hujan abu tipis terjadi pada Jumat pagi. Diperkirakan hujan abu tersebut turun sebelum pukul 07.00 WIB. “Saat saya keluar rumah, sekitar pukul 06.45 WIB sudah terlihat putih-putih [butiran abu] menempel di daun-daun. Tapi sangat tipis,” kata dia.

Dimungkinkan hujan abu tersebut turun dampak dari aktivitas Gunung Merapi. Sebab sebelum-sebelumnya, ketika turun hujan abu, sebelumnya juga diawali dengan aktivitas Gunung Merapi, yakni erupsi yang terjadi di salah satu sisinya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Klaster Pabrik Sepatu Karanganyar Masih Terus Bertambah, Total 113 Orang

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram BPPTKG, pada Jumat (25/6/2021) terjadi tiga kali awan panas guguran di Gunung Merapi pada pukul 04.43 WIB. Terlihat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 61 detik, 132 detik dan 245 detik. Jarak luncur maksimal 3 km ke arah tenggara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *