Home Remedy Untuk Atasi Tangan yang Kering | SentraBerita.com

  • Whatsapp

brightside.me

Karena sering mencuci tangan dan melakukan banyak pekerjaan rumah, sering kali tangan menjadi kering. Sudah coba untuk menggunakan pelembab di tangan sebelum tidur, tetapi hasilnya belum optimal atau malah tak ada perubahan sama sekali. Mungkin karena pelembabnya belum sepenuhnya diserap oleh kulit. Untuk mengatasi masalah kulit kering ini, kamu mungkin membutuhkan cara lain yang lebih ampuh. Berikut adalah beberapa contohnya. 

1. Rendam tangan dengan oats dan minyak bunga matahari

www.istockphoto.com

Minyak bunga matahari mampu menghidrasi dan meremajakan kulit. Tak heran jika minyak ini sering digunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk pelembab. Kalau kesulitan menemukan krim yang mengandung minyak bunga matahari, kamu bisa langsung menggunakan minyak bunga matahari saja untuk mengatasi kulit yang kering.

Campurkan minyak itu dengan oat yang memiliki kemampuan yang kurang lebih sama. Kalau kamu juga kesulitan menemukan minyak bunga matahari, jangan langsung menggantinya dengan sembarangan minyak ya. 

2. Oleskan madu asli

www.pexels.com

Tak perlu diragukan lagi, madu memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Kandungan antibakterial dan antioksidan di dalamnya dapat menjadi solusi untuk berbagai macam masalah termasuk kulit tangan yang kering. Selain mengonsumsinya, agar dampaknya terasa lebih cepat, kamu juga bisa mengoleskan madu asli di bagian tangan yang kering, kasar, atau bahkan sudah mulai mengelupas. Madu akan membantu pembentukan ulang jaringan yang rusak.  

3. Pakai petroleum jelly dan sarung tangan

www.telenews.com

Home remedy yang ketiga ini terbilang sangat mudah. Cukup siapkan petroleum jelly dan sarung tangan. Oleskan secara merata dan jangan terlalu pelit ya utamanya dibagian tangan yang mulai bermasalah. Setelah itu pakailah sarung tangan katun selama semalam suntuk. Tujuannya supaya kandungan pada petroleum jelly benar-benar terserap oleh kulit bukan malah mengotori sprei atau selimutmu. Jadi, sarung tangannya sama sekali tak berpengaruh terhadap proses penyembuhan. Hanya untuk kebersihan dan keamanan saja ya.

4. Buat hand mask dengan bahan alami

www.pexels.com

Masalah kulit kering? Hand mask solusi terbaiknya. Tak perlu merogok kocek dalam-dalam untuk membeli hand mask yang mahal agar tangan kembali halus. Kamu bisa lho membuat hand mask alami yang hasilnya manjur. Bahannya yaitu alpukat. Ya, superfood yang satu ini memang jempolan banget. Kandungan vitaminnya mampu melembapkan dan menghidrasi kulit. 

Catat bahan-bahannya ya. Campurkan setengah alpukat dengan satu sendok teh minyak kelapa, satu sendok teh jojoba oil, dan setengah sendok teh air lemon. Kalau punya, kamu bisa menambahkan oats. Oleskan secara merata pada tangan dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan olesi dengan lotion yang biasa kamu pakai. 

5. Lakukan eksfoliasi

www.liputan6.com

Kamu mungkin sering melakukan eksfoliasi bibir atau wajah. Namun, pernahkan terpikir untuk melakukan ekspoliasi pada tangan? Coba rutin lakukan hal ini juga, yuk! Cara ini efektif lho untuk mengangkat kulit mati sehingga kulit kering dapat segera teratasi. Kalau belum memiliki produk khusus, buatlah scrub alami dengan mencampurkan minyak zaitun dan gula pasir. 

6. Pilih produk yang mengandung vitamin B3

www.healthline.com

Selain perawatan dari luar dengan bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di poin-poin sebelumnya, makanan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B3 ya. Sedangkan untuk produk oles, disarankan memakai produk yang memiliki kandungan niacinamide yang akan menghidrasi kulit.    

Itulah cara-cara mudah dan praktis yang dapat kamu gunakan sebagai solusi untuk mengatasi kulit kering. Tinggal pilih aja nih mana yang bahannya sudah tersedia di rumah kamu. Lakukan perawatan tersebut secara rutin hingga kulit kembali sehat dan elastis ya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *