Hati Sri Mulyani Tersentuh, Banyak Anak Muda Mau Belajar APBN

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Dalam kegiatan Olimpiade APBN 2021, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku sangat tersentuh terhadap anak-anak muda Indonesia yang ingin memahami instrumen dasar keuangan negara tersebut.

Ia menyebut, dengan jumlah peserta Olimpiade yang mencapai 2.072 tim dari seluruh Indonesia, keikutsertaan anak-anak muda dalam kompetisi ini dinilai bisa tersebar ke seluruh jutaan siswa dan mahasiswa di tanah air untuk bisa memahami instrumen APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

“Kenapa semuanya sangat penting? Karena generasi muda ini memiliki rasa peduli yang tinggi, punya keinginan untuk maju, salah satunya mau ditunjukkan untuk mengerti APBN. Ini membuat saya tersentuh, membuat saya menjadi sangat bersemangat,” ujar Sri Mulyani dalam pembukaan kompetisi yang bertemakan Muda Membangun Bangsa, Minggu (12/9/2021).

Sri Mulyani menambahkan, peran teknologi yang saat ini terus berkembang, dapat menjadi media bagi anak-anak muda di tanah air untuk bisa memunculkan ide-ide baru dan kreatif demi kemajuan Indonesia.

Melalui pemahaman instrumen APBN secara dasar, generasi muda juga dapat memahami peran negara yang memberikan kewajibannya kepada masyarakat melalui berbagai skema, mulai dari subsidi bagi kebutuhan pokok, hingga kebutuhan dasar infrastruktur.

Sri Mulyani menyebut, pemahaman dasar ini ke depannya dapat mengantar generasi muda untuk mengerti kewajiban dan hak-nya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“APBN banyak sekali menunya, misalnya bantuan kepada UMKM, bagaimana masyarakat mendapatkan bahan bakar, lalu pengelolaan sampah. Jadi semakin banyak yang paham APBN, makan banyak yang tahu bahwa uang negara ini dipakai banyak sekali untuk menyelesaikan seluruh permasalahan di masyarakat,” ungkap Sri Mulyani.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *