Hati-hati! Berikut Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu

  • Whatsapp

Cara membedakan oxymeter asli dan palsu berikut ini sangat penting kamu perhatikan sebelum membeli oxymeter ataupun setelah kamu membeli oxymeter. Oxymeter merupakan alat kesehatan yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui saturasi oksigen dalam tubuh. Alat ini sangat penting dan disarankan untuk dimiliki orang-orang yang khususnya sedang menjalani isolasi mandiri.

Oxymeter akan mengukur kadar oksigen dalam darah dan mencegah gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen di dalam tubuh. Khawatir oxymeter yang sudah kamu beli adalah palsu? Dari berbagai sumber, Bob sudah mengumpulkan beberapa cara membedakan oxymeter asli dan palsu yang bisa kamu coba praktekkan sendiri. Berikut adalah 5 cara membedakan oxymeter asli dan palsu dengan mudah.

Bacaan Lainnya
@Yahoo Berita

1. Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu: Gunakan untuk Mengukur

Cara membedakan oxymeter asli dan palsu yang pertama adalah dengan cara langsung menggunakan oxymeter untuk mengukur saturasi oksigen. Caranya terbilang praktis, kamu hanya perlu memasukkan jari pada alat berukuran mini ini untuk mengukur saturasi oksigen kamu.

Jika oxymeter memberikan informasi berupa grafik setelah kamu melakukan cara membedakan oxymeter asli dan palsu ini berarti alat tersebut asli. Sebaliknya oxymeter palsu hanya menunjukkan angka kadar oksigen tanpa grafik setelah cara membedakan oxymeter asli dan palsu dilakukan.

Baca Juga: Daftar Nama Dokter di Indonesia yang Meninggal Karena Virus Corona

2. Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu: Mengikat Jari dengan Benang atau Karet

Cara membedakan oxymeter asli dan palsu selanjutnya adalah dengan cara mengikat jari dengan benang atu karet gelang. Sebelum menggunakan oxymeter, coba ikat jari dengan benang atau karet gelang. Pastikan untuk membuat ikatan agak kencang sehingga aliran darah ke jari melambat. Oxymeter yang asli umumnya akan menunjukkan angka yang terus menurun, sedangkan oxymeter palsu akan menunjukkan angka tetap atau bertambah.

3. Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu: Memasukkan Pensil

@Jaksel News – Pikiran Rakyat

Cara membedakan oxymeter asli dan palsu berikutnya adalah dengan cara memasukkan pensil ke dalam oxymeter dibandingkan jari tangan. Cara ini sempat viral di media sosial dan kamu pun bisa mencobanya untuk mengecek keaslian oxymeter. Oxymeter palsu akan memberikan hasil atau angka saturasi oksigen sedangkan oxymeter asli tidak akan memberikan hasil sama sekali setelah kamu mencoba mempraktekkan cara membedakan oxymeter asli dan palsu ini.

4. Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu: Cek Sertifikasi

Cara membedakan oxymeter asli dan palsu ini juga tak kalah efektif dengan cara membedakan oxymeter asli dan palsu di atas. Umumnya berbagai alat kesehatan termasuk oxymeter dijual dengan sertifikasi yang dikeluarkan oleh lembaga yang terpecaya. Oleh karena itu kamu bisa mencoba memperhatikan sertifikasinya.

Oxymeter yang bisa kamu percaya keaslian dan efektivitasnya akan memperoleh sertifikasi dari FDA (Food and Drug Administration), RoHS (Restriction of Hazardous Substances Directive 2002/95/EC) dan CE (Conformité Européenne).

5. Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu: Teliti Sebelum Membeli

Cara membedakan oxymeter asli dan palsu yang terakhir adalah dengan meneliti lebih detail atas produk oxymeter yang akan kamu beli. Jika kamu beranggapan bahwa oxymeter yang asli adalah ooxymeter yang harganya mahal maka kamu harus hati-hati. Faktanya di masa pandemi ini banyak orang yang membutuhkan oxymeter sehingga akhirnya permintaan yang besar ini membuat orang tak teliti dan memilih oxymeter.

Di masa sulit ini ternyata banyak beredar produk oxymeter yang tidak berkualitas namun dijual dengan harga mahal. Oleh karena itu penting untuk menerapkan cara membedakan oxymeter asli dan palsu dengan melakukan research mendalam mulai dari ulasan dan merek yang akan kamu beli.

Pastikan agar kamu tidak hanya berpatokan pada harga dan lebih teliti sebelum membeli oxymeter. Semoga beberapa cara membedakan oxymeter asli dan palsu ini bisa membantu kamu, ya. Lalu kira-kira apa sih pentingnya memiliki oxymeter di rumah saat melakukan isolasi mandiri?

Pentingnya Memiliki Oxymeter Saat Isolasi Mandiri

Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu

Kadar saturasi oksigen dalam darah faktanya hanya bisa ditentukan melalui dua cara, yaitu dengan menggunakan alat oxymeter dan pemeriksaan melalui analisa gas darah. Tentunya opsi kedua berupa analisa gas darah ini dinilai tidak praktis dan hanya bisa kamu lakukan dengan menggunakan jasa laboratorium klinik atau rumah sakit. Atas dasar inilah WHO atau badan kesehatan dunia kemudian mengimbau pasien COVID-19 atau orang yang menjalani isolasi mandiri untuk memiliki oxymeter.

Dalam menjalani isloasi mandiri sebagian pasien COVID-19 memiliki kemungkinan mengalami happy hypoxia atau silent hypoxia. Kondisi tersebut menunjukkan menurunnya saturasi oksigen dalam darah yang biasanya tanpa disertai gejala. Saat kondisi ini terjadi dan tidak mendapatkan penanganan dengan segera maka maka penurunan kadar oksigen tersebut bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan organ tubuh.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Berikut Tips Merawat Anak Saat Isolasi Mandiri

Dalam kasus buruk hal ini dapat menimbulkan komplikasi fatal, seperti gagal napas dan kematian mendadak. Tentunya kita tidak mau hal tersebut terjadi. Oleh karena itu kehadiran oxymeter dinilai sangat penting untuk memonitor apakah tubuh telah mendapatkan oksigen yang cukup dan bisa segera ke dokter bila mengalami kekurangan oksigen. Jangan lupa untuk jaga kesehatan dan protokol kesehatan ya agar kamu tetap sehat dan selalu happy!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di SentraBerita.com!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah SentraBerita.com. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area SentraBerita.com.

Interior Bobocabin

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, SentraBerita.com juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain juga layanan SentraBerita.com bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi SentraBerita.com di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *