Harta Ribuan Triliun, Elon Musk dan Jeff Bezos Saingan Posisi Jadi Orang Terkaya di Dunia – SentraBerita.com

  • Whatsapp

Saat ini sedang ramai dibicarakan mengenai posisi orang paling kaya di dunia yang mungkin akan bergeser. Hal itu tidak terlepas dari kabar mengenai Elon Musk yang ternyata sahamnya naik pesat. Dengan begitu, ada kemungkinan menggeser posisi dari Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia. Wah persaingan semakin seru nih.

Lalu sebenarnya, dari mana sih sumber kekayaan mereka dan sejak kapan persaingan orang paling tajir di dunia ini dimulai? Ada kisah panjang di balik semua itu hingga mereka jadi seperti ini. Nah biar kamu gak penasaran, simak ulasan berikut ini.

Kekayaan Elon Musk dan Jeff Bezos yang terus bersaing

Posisi orang paling kaya di dunia, telah bergeser ke Jeff Bezos setelah menggeser Bill Gates, pemilik Microsoft. Namun demikian, saat ini posisinya terancam, pasalnya Elon Musk diketahui mulai menyusulnya. Dilansir dari laman Okezone, persaingan orang terkaya antara mereka diketahui sejak tahun 2018.

Musk dan Bezos [sumber gambar]

Jeff Bezos punya harta sebesar  72,8 miliar USD atau setara Rp1.622 triliun, nah jauh tertinggal ada Elon Musk dengan 19,9 miliar USD atau setara Rp288 triliun. Kekayaan Elon Musk tiap tahun terus naik, menjadi Rp323 triliun di tahun 2019 dan Rp356 triliun tahun 2020. Yang mengejutkan adalah di tahun 2021, dia punya harta Rp2.187 triliun dan membuat  posisi orang terkaya yang dipegang oleh CEO Amazon itu jadi was-was, karena hartanya Rp2.563 triliun dan ada kemungkinan disusul di tahun-tahun ke depan.

Sumber kekayaan dua orang terkaya di dunia

Sumber kekayaan utama Jeff Bezos adalah dari Amazon. Ya, pria berkepala plontos yang satu ini sejak 1994 telah menahkodai Amazon, yang awalnya website penjualan buku biasa. Lama-kelamaan, bisnisnya berkembang dalam melakukan jual beli barang secara online dan jadi yang terbesar di dunia. Karena Amazon ini juga yang membuat Bezos selalu nangkring dalam jajaran nama orang paling kaya di majalah Forbes.

Perusahaan Amazon [sumber gambar]

Nah sebaliknya, Elon Musk mendapatkan hartanya dari kepemilikan saham Tesla sebesar 21 persen. Bukan hanya itu, pria ini juga berasal dari perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX, yang ia dirikan sejak 2002. Dengan meningkatnya kinerja dan harga saham perusahaan itu tiap tahunnya, membuat Elon Musk mencapai kekayaan luar biasa.

Masih ada ‘usaha sampingan’ yang mereka miliki

Namun bukanlah seorang pengusaha sukses kalau tak punya usaha sampingan lain, begitu pula Jeff Bezos dan Elon Musk. Jeff Bezos sendiri selain Amazon, punya beberapa usaha lain yang juga lumayan maju. Misalnya saja web pakaian dan alas kaki Zappos, perusahaan software Elemental Tech, e-commerce di Dubai Souq.com, dan banyak lagi perusahaan lainnya.

Perusahaan SpaceX [sumber gambar]

Pun demikian dengan Elon Musk yang mendirikan perusahaan lain atau mengakuisisi beberapa bisnis yang menjanjikan. Beberapa usaha yang dimiliki Elon Musk misalnya, Neuralink, OpenAI, SolarCity, dan beberapa perusahaan unik lainnya. Hal itu tidak terlepas dari pemikiran Elon Musk sendiri yang out of the box, sehingga banyak usahanya yang unik pula.

Koleksi barang mewah yang dimiliki

Sebagai orang paling kaya di dunia, tentunya punya pula koleksi barang yang tak biasa. Misalnya saja Jeff Bezos punya koleksi barang yang super mewah namun ada juga yang unik. Barang yang mewah misalnya jet pribadi, rumah yang awalnya sebuah museum, dan apartemen mewah di New York.

Rumah Jeff Bezos dan mobil Elon Musk [sumber gambar]

Namun ada juga yang unik, semisal koran berusia 141 tahun dengan harga mahal hingga sebuah robot anjing. Sebaliknya, Elon Musk punya koleksi banyak mobil yang unik-unik. Salah satu yang paling menjadi perhatian adalah mobil yang bernama Lotus Espirit yang sempat ada dalam film James Bond. Koleksi orang kaya memang unik semua ya.

Apakah mereka rajin dalam beramal?

Tak afdal jika orang kaya namun tak beramal, lalu bagaimana kedua orang ini? Ternyata ada kabar miring dari Jeff Bezos yang disebut jarang melakukan amal. Bahkan hanya memberikan sedikit sumbangan pada Bezos Family Foundation yang didirikan keluarganya. Namun jangan berprasangka buruk dulu, siapa tahu dibelakang dia amal diam-diam ya, tapi gak tau juga.

Elon Musk [sumber gambar]

Sebaliknya, Elon Musk adalah salah satu orang kaya yang beramal secara terang-terangan. Bersama Bill Gates dan Warren Buffet, dirinya siap menyumbangkan hartanya sepanjang hidup untuk The Giving Pledge. Tidak hanya itu dirinya juga pernah menyumbangkan uangnya sebesar 255 juta USD kepada Musk Foundation.

BACA JUGA: Bangun Kota di Luar Angkasa, Begini Cara Jeff Bezoz ‘Hambur-Hamburkan’ Uangnya

Namun satu hal yang pasti dari kekayaan yang dimiliki kedua orang ini ada usaha keras yang luar biasa. Ya, tak ada kekayaan yang diraih secara instan, semua harus melewati proses yang amat panjang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *