Harga Brompton Sudah Jatuh, Kalau Masih Mahal Ada Sepeda Ini!

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Harga sepeda Brompton mulai anjlok dalam beberapa waktu belakangan, dari yang semula memiliki banderol di atas Rp 50 juta, kini harganya kembali normal di kisaran Rp 30-40 juta. Namun, angka tersebut masih tergolong mahal bagi sebagian kalangan.

Bacaan Lainnya

Namun, beberapa pesepeda coba ‘mengakali’ dengan membeli sepeda yang terlihat mirip Brompton namun harga lebih miring. Ada beberapa sepeda yang masuk dalam golongan itu, mulai dari produk impor 3sixty hingga keluaran lokal seperti Element Pikes dan United Trifold.

Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah kehadiran Kreuz. Sayang, demi mendapatkan sepeda ini nyatanya tidak mudah. Padahal, harganya tergolong lebih murah, yakni harga frame set sebesar Rp 3,5 juta, sementara sepeda utuh atau full bike sebesar Rp 8 juta.

Pemilik usaha sepeda Kreuz, Yudi Yudiantara mengatakan, hingga kini sudah ada pemesanan sepeda lipat yang akan diproduksi hingga tahun 2023. Kini, produsen sepeda asal Bandung tersebut mampu terus meningkatkan produksinya, dari awalnya 10-15 unit sepeda lipat per bulan menjadi 160 unit per bulan, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 15 orang.

“Meningkatnya produksi didorong oleh naiknya permintaan terhadap sepeda buatan dalam negeri. Ini juga merupakan pengaruh dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diinisiasi oleh Pemerintah,” katanya beberapa waktu lalu.

Selain di pasar dalam negeri, permintaan sepeda lipat Kreuz juga datang dari beberapa negara, antara lain Singapura, Malaysia, dan Australia.

Sepeda 3 lipatan ini sebenarnya dibuat handmade. Kreuz telah menjalin kerja sama dengan PT. Perkakas Rekadaya Nusantara (PRN), yaitu perusahaan produsen mesin perkakas dan komponen di Subang, dalam pembuatan engsel.

Walaupun sepeda ini berukuran kecil, menggunakan rim 16+, namun sepeda ini memiliki keunggulan dari gear set nya yang menggunakan Internal Gear. Selain itu, handlepost menggunakan sistem sepeda MTB yang akan sangat kuat guncangan menghadapi jalanan yang kurang baik.

Harga sepeda lipat bekas yang bisa jadi ‘alternatif’ Brompton saat harga sepeda terjun bebas berdasarkan penelusuran di toko online, Kamis (24/6):

United trifold 7s. 3 lipat Rp.5,9 juta

United Trifold 3S Rp 5,5 juta

United Trifold 1s – Rp 4,7 juta

United Trifold D8 2020 Rp 9,5 juta

Element Pikes Gen 1 Rp 6,75 juta

Element Pikes 3 speed Rp 5,5 juta

Element Pikes 5S Gold Dragon Rp 6,25 juta

Element Pikes 8s upgrade Rp 7 juta

3Sixty Trifold 4130 Rp 7 juta

3sixty Black Mamba Rp 7,8 juta

3sixty 3 speed Rp 7,25 juta

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *