Gomawo artinya terima kasih, bagaimana dengan kamsahamnida? Simak perbedaannya!

  • Whatsapp
Drama Korea Reply 1988. Foto: Ottokedramas

Artikel berjudul “Gomawo artinya terima kasih, bagaimana dengan kamsahamnida? Simak perbedaannya!” berisi tentang perbedaan penggunaan kata-kata terima kasih dalam bahasa Korea.

K-popers atau pecinta drama Korea pasti sudah nggak asing dengan kata ‘gomawo’ atau ‘kamsahamnida’. Kedua kata tersebut sering diucapkan oleh para idol atau aktor dan aktris Korea ketika ingin mengungkapkan rasa terima kasih karena mendapatkan dukungan, hadiah, atau hal lainnya.

Ya, kedua kata tersebut memang memiliki arti terima kasih. Tapi, ‘gomawo’ dan ‘kamsahmanida’ digunakan dalam situasi yang berbeda, lho! Tahukah kamu kapan harus menggunakan dua kata tersebut?

Drama Korea 18 Again
Drama Korea 18 Again Foto: Soompi

Nah, untuk kamu yang belum tahu perbedaan antara ‘gomawo’ dan ‘kamsahamnida’, simak selengkapnya!

Gomawo artinya…

‘Gomawo’ artinya terima kasih sama seperti ‘kamsahamnida’. Namun, kata ‘gomawo’ termasuk dalam bahasa informal. Maka dari itu, kata ‘gomawo’ digunakan untuk teman sebaya atau saat berada dalam situasi santai.

Untuk mengucapkan kata terima kasih dalam bentuk informal atau santai, tidak hanya ‘gomawo’ lho! Ada kata ‘gomawoyo’, ‘kamsa’, ‘kamsahae’, dan ‘kamsahaeyo’.

‘Gomawoyo’ mirip dengan ‘gomawo’ namun, penggunannya dinilai lebih sopan. Dilansir dari jaringan Hops, Suara, ‘gomawoyo’ digunakan untuk teman sebaya yang tidak terlalu akrab atau orang yang lebih muda.

Lalu, ada ‘kamsa’ yang merupakan bentuk sederhana terima kasih. Biasanya kata ini dipakai di kalangan anak muda saat berbicara dengan teman sebaya dan akrab atau orang yang lebih muda baik secara langsung atau melalui chatting.

Ilustrasi teman sebaya yang akrab (Scene drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo). Foto: Instagram
Ilustrasi teman sebaya yang akrab (Scene drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo). Foto: Instagram

‘Kamsahae’ juga serupa namun, akan sangat tidak sopan jika kata ini diucapkan kepada orang yag lebih tua. Terakhir, ada ‘kamsahaeyo’ yang dianggap lebih sopan daripada lainnya bahkan bisa digunakan ketika mengucapkan terima kasih kepada senior, orang yang lebih tua, atau orang yang dihormati.

Kalau kamsahamnida?

Nah, ‘kamsahamnida’ adalah terima kasih dalam bentuk formal dan sopan. Kata ini digunakan ketika berbicara dengan orang yang dihormati atau lebih tua. Selain ‘kamsahamnida’ ada lagi kata formal dan sopan lainnya yaitu ‘gomapseumnida’.

Ilustrasi situasi formal (Scene drama Prison Playbook). Foto: Instagram
Ilustrasi situasi formal (Scene drama Prison Playbook). Foto: Instagram

Meski sama-sama formal dan sopan, tapi banyak yang menganggap kata  ‘gomapseumnida’ jauh lebih sopan dari pada ‘kamsahamnida’.

Nah, itu dia perbedaan gomawo dan kamsahamnida. Tidak hanya itu, ternyata masih banyak kata terima kasih lainnya dalam bahasa Korea selain gomawo dan kamsahamnida. Jadi, sekarang kamu bisa lebih paham kan cara mengucapkan terima kasih dalam bahasa Korea dengan baik dan benar? Selamat mempraktikkan, Hopers!

Artikel dari Hops.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *