Gokil! Tesla Jadi Perusahaan Bernilai Lebih dari US$ 1 T

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Tesla kini menjadi perusahaan keenam yang bernilai US$ 1 triliun atau sekitar Rp 14.128 triliun (asumsi Rp 14.100/US$) dalam sejarah Amerika Serikat (AS) .

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Sentra Berita International, saham Tesla melonjak lebih dari 12% menjadi ditutup pada sekitar US$ 1.025, Senin (25/10/2021).

Kenaikan ini didorong oleh dua kabar baik, yakni Hertz mengumumkan rekor pesanan 100.000 Tesla untuk armadanya dan analis mobil Morgan Stanley, Adam Jonas, belum lama ini menaikkan target harga saham di Tesla menjadi US$ 1.200.

Kapitalisasi pasar itu kurang dari setengah dari Apple, perusahaan paling berharga di dunia dengan US$ 2,5 triliun, dan Microsoft yang bernilai US$ 2,3 triliun. Anggota lain dari klub triliunan dolar termasuk induk Google Alphabet senilai US$ 1,8 triliun dan Amazon senilai US$ 1,7 triliun.

Tesla adalah perusahaan tercepat kedua yang mencapai angka US$ 1 triliun. Produsen mobil listrik milik Elon Musk ini mencapainya hanya lebih dari 12 tahun setelah penawaran umum perdana 2010. Hanya Facebook yang membutuhkan lebih dari 9 tahun dari IPO untuk mencapai US$ 1 triliun.

Tesla pada Senin melampaui Facebook, yang sahamnya tergelincir setelah rilis sejumlah besar dokumen internal yang dikenal sebagai “The Facebook Papers.”

Kegembiraan Wall Street tentang masa depan kendaraan listrik juga telah mendorong nilai pasar Tesla ke lebih dari gabungan 11 produsen mobil global terbesar.

Tesla bernilai lebih dari tiga kali lipat dari Toyota (TM), pembuat mobil paling berharga kedua, yang memiliki kapitalisasi pasar sekitar US$ 280 miliar, dan menawarkan penjualan dan keuntungan yang mengkerdilkan Tesla.

Tahun lalu Tesla hanya menjual 500.000 mobil di seluruh dunia, yang berarti nilai pasarnya saat ini setara dengan sekitar US$ 2 juta per kendaraan yang terjual.

Perusahaan telah menjual 627.000 mobil sepanjang tahun ini, dan bertujuan untuk mendekati satu juta penjualan untuk setahun penuh. Itu masih sama dengan penilaian lebih dari US$ 1 juta per kendaraan, tetapi jelas investor tetap bertaruh Tesla akan mencapai targetnya 50% atau lebih dalam pertumbuhan penjualan tahunan untuk tahun-tahun mendatang.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *