Gencarkan Vaksinasi, Batam Kejar Target 100 Persen Hingga Agustus

  • Whatsapp
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, bersama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meninjau vaksinasi di Kota Batam, Sabtu (12/6/2021).

Batam (SentraBerita.com) – Vaksinasi menjadi salah satu upaya yang terus digencarkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk terbebas dari pandemi Covid-19. Batam menargetkan 70 persen warga tuntas divaksin hingga akhir Juli 2021 dan 100 persen hingga Agustus.

Guna mempercepat cakupan vaksinasi, Batam telah membuka layanan di 17 lokasi dengan jadwal masing-masing untuk menghindari kerumunan. Terbaru, pembukaan sentra pelayanan vaksinasi di Stadion Temenggung Abdul Jamal.

“Dibuka tujuh hari penuh, dari jam 08.00 sampai 15.00 WIB setiap hari,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, saat meninjau vaksinasi di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Minggu (13/6/2021).

Menurut Rudi, Stadion Temenggung Abdul Jamal menjadi sentra layanan vaksinasi bagi masyarakat Batam hingga sepekan ke depan. Pihaknya tak hanya mengerahkan tenaga medis dari Pemko Batam saja, tapi juga dibantu dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, TNI, dan Polri.

Ia berharap program vaksinasi masal ini dapat diikuti oleh masyarakat Batam. Sehingga target vaksinasi terhadap 755.016 orang dari sekitar 1,3 juta warga Batam dapat terlaksana dengan baik dan penyebaran Covid-19 dapat ditekan agar tidak semakin meluas.

“Dengan demikian kita juga harapkan ekonomi Batam dapat segera pulih,” katanya.

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina mengatakan, Pemprov Kepri mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 di Batam. Dari semua kabupaten/kota yang ada di Kepri, Batam menjadi prioritas, karena jumlah penduduknya paling banyak.

“Kita terus berkoordinasi dengan Pemko Batam, berapa vaksin yang dibutuhkan akan kita kirimkan,” katanya.

Kawasan industri di Batam juga membuka layanan vaksinasi, seperti di Kawasan Industri Batamindo, Panbil Industrial Estate, dan PT Sat Nusa Persada Tbk. Bahkan, vaksinasi di kawasan industri tersebut sempat ditinjau langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Sabtu (12/6/2021).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) ini berharap vaksinasi di Batam dan Bintan bisa menjadi contoh untuk mempercepat kekebalan komunal berbasis wilayah atau pulau. Menurutnya, kekebalan komunal atau herd immunity terhadap covid-19 bisa tercapai jika 70 persen penduduk Indonesia sudah divaksinasi.

Baca juga: Berhadiah Motor, Vaksinasi Apindo Kepri Peduli Diserbu Warga

“Upaya percepatan vaksinasi di Batam dan Bintan diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan contoh langkah konkret untuk pencapaian kekebalan komunal berbasis wilayah atau pulau,” kata Airlangga. (zak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *