Gelar Sayembara Lukisan, Vanessa Angel Dikritik Ahlinya

  • Whatsapp

SentraBerita.com, Vanessa Angel kembali bikin heboh karena ulahnya tuai protes. Suami Bibi Ardiansyah itu dikritik seolah tidak menghargai seniman pelukis saat dengan sengaja membuat sayembara. 

Ya, Vanessa Angel membuat sayembara bagi barang siapa yang bisa melukis mirip seperto foto dirinya bersama suami dan anak, maka akan diberi hadiah berupa uang jutaan rupiah. Nanti lukisan yang terbaik akan dipilih.

Dalam sayembara itu, Vanessa Angel mengunggah foto dirinya bersama suami dan anak. Dalam foto tersebut, ketiga kompak mengenakan busana putih. Ketiganya lagi berada di kasur dan tersenyum menghadap kamera. 

“Guys, info dong kalau ada akun teman kalian yang bisa melukis foto kami di canvas ukuran size (p) 135 x 105 (L) atau ukuran lebih gede dari itu juga boleh banget,” tulis Vanessa Angel di Instagram, Jumat (23/7).

“Lukisan paling bagus, aku bayarin Rp5.000.000 ya!,” tambahnya.

Gelar Sayembara Lukisan, Vanessa Angel Dikritik Ahlinya - Foto 1
Unggahan Vanessa Angel di Instagram

Lebih dari itu, Vanessa Angel juga mengajak warganet yang merekomendasikan teman di kolom komentar, maka juga akan diberi uang Rp250 ribu.

Sayembara yang dibuat Vanessa Angel disoroti oleh Guruh Ramdani, yang merupakan dosen dan  seniman lukis. 

Guruh Ramdani mencermati sayembara yang dibuat Vanessa Angel, terkesan seperti membuat lomba. Sehingga, lukisan yang tidak dipilih, tentunya akan sia-sia saja. Padahal itu suatu karya yang luar biasa. 

“(Rp) 5 juta lumayan, terutama bagi teman-teman yang sedang merintis karier berkesenian,” kata Guruh Ramdani di Twitter.

Ia melihat kerja keras seniman pelukis seperti tidak dihargai padahal sudah mengorbankan waktu, tenaga dan biaya. Ia melihat dari sayembara Vanessa Angel, belum dapat menjamin suatu apresiasi.  

“Yang jadi masalah, ini bukan order, pasti. Tapi seperti lomba, alias sudah berkarya mengorbankan waktu, tenaga dan biaya sendiri. Namun sama sekali tidak ada jaminan diapresiasi,” jelasnya. 

Selain itu, Guruh Ramdani melihat redaksional dari kalimat ‘lukisan paling bagus’ dengan kata lain artinya Vanessa Angel juga akan menilai karya dari si pelukis. Ini akan menjadi pertanyaan terkait kredibilitas si artis. 

Intinya, Guruh Ramdani mengimbau sebaiknya para seniman mengabaikan saja sayembara yang dibuat Vanessa Angel.

“Kalau seperti ini caranya ya tidak usah diladenin,” pintanya.

Menurut Guruh Ramadani, penghargaan yang akan diberikan Vanessa Angel tidak sepadan dengan karya yang nantinya dibuat seniman pelukis tapi disia-siakan begitu saja.

“Dia hanya mengeluarkan secuil. Namun akan banyak sekali karya yang terkumpul dan disia-siakan,” imbuhnya. 

Apa yang dipertanyakan oleh Guruh Ramdani tentang keganjilan pada sayembara melukis dari Vanessa Angel rupanya juga disadari warganet. 

Warganet pun kompak mengkritik Vanessa Angel. Ada yang menilai Vanessa Angel tidak memahami betul kerja keras seniman pelukis saat sedang berkarya.

“Bang*** banget ini menurutku. Pertama, effort senimannya sudah besar. Menyiapkan kanvas, beli cat, waktu, terus bikin karya plek ketiplek. Kedua, sudah effort besar, diambil satu pemenang. Tapi dia dapat ratusan, bahkan ribuan karya,” kicau @wabuwafa.

Selain itu, ada yang menilai Vanessa Angel asal saja bikin sayembara tanpa mempertimbangkan uang yang akan dikeluarkan pelukis saat berkarya.

“Dikira kanvas, cat, sama waktu untuk melukis nggak pakai duit,” imbuh @seabeltweet.

Hingga saat ini, Vanessa Angel masih terpantau melanjutkan sayembaranya tersebut.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *