Fakta-fakta Fenomena Warga Asing ‘Eksodus’ dari RI

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Sebuah fenomena terjadi di Indonesia. Warga negara asing memutuskan untuk meninggalkan RI dan pulang kembali ke negaranya.

Kenaikan infeksi Covid-19 di RI menjadi penyebab. Per Kamis, kasus corona harian kembali rekor, mencapai 56.757 pasien, yang membuat total penduduk positif Covid-19 menjadi 2.726.803 orang.

Beberapa instansi menyewa jasa pesawat carter komersil untuk membawa mereka pulang dari RI. Berikut fakta-faktanya:

1. Jepang

Rencana kepulangan ini diawali oleh laporan perusahaan Jepang yang memulangkan kembali karyawannya keNegeri Sakura. Dikutip dari NHK, pegawai dan anggota keluarga sejumlah perusahaan dievakuasi karena instruksi kantor pusat di Negeri Sakura.

“Satu perusahaan akan menerbangkan pesawat sewaan pada Rabu untuk mengevakuasi karyawan dan anggota keluarga mereka dari Indonesia,” tulis media itu Selasa (13/7/2021).

Seorang warga bernama Okutsu So yang bekerja di kantor logistik Jepang di Jakarta juga membenarkan ini. Ia mengatakan akan lebih banyak orang kembali ke Jakarta sebagai tanggapan instruksi kantor pusat mereka.

Bak gayung bersambut, dalam konferensi pers yang dimuat Nikkei Asia Selasa malam, Menteri Sekretariat Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan pemerintah akan mendukung kembalinya warga dari Indonesia. Dia menjelaskan maskapai komersial Jepang akan mengoperasikan penerbangan khusus Rabu (14/7/2021).

“Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan … sehingga warga Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin dan sebanyak mungkin,” ujarnya.

Menurut Kedutaan Jepang di Indonesia, kepulangan WN Jepang pada Rabu pagi menggunakan penerbangan charter merupakan keputusan perusahaan Jepang yang mempekerjakan mereka di Indonesia.

“Penerbangan yang dilakukan tadi pagi terlaksana atas inisiatif dari perusahaan swasta Jepang dan bukan usaha evakuasi maupun repatriasi dari Pemerintah Jepang,” tulis pernyataan itu.

Tak lama setelah itu, sebuah pesawat All Nippon Airways yang disewa oleh perusahaan Shimizu mendarat di Bandara Narita, Tokyo dari Jakarta. Pesawat itu membawa 50 orang karyawan perusahaan yang memutuskan diri untuk pulang ke Jepang.

Halaman 2>>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *