Ekonomi AS Tumbuh 6,5 Persen pada Kuartal II

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita —

Bacaan Lainnya

Ekonomi Amerika Serikat tumbuh 6,5 persen secara tahunan pada kuartal II 2021, lebih kecil dari proyeksi para ekonom. Mengutip Reuters, ekonom awalnya memperkirakan PDB naik 8,5 persen pada kuartal II 2021.

Namun, rilis data pemerintah menunjukkan PDB tumbuh 6,5 persen pada kuartal II 2021. Sejak 2015 hingga 2020, PDB AS meningkat pada tingkat tahunan rata-rata 1,1 persen.

Biro Riset Ekonomi Nasional pada pekan lalu mengumumkan penurunan ekonomi efek pandemi yang dimulai pada Februari 2020 telah berakhir pada April 2020.

Para ekonom memproyeksi ekspansi ekonomi diperkirakan akan tetap solid untuk sisa tahun ini. Namun, peningkatan infeksi covid-19 varian delta menimbulkan ketidakpastian dalam ekonomi.

Jika kasus corona karena varian delta melonjak maka ada potensi inflasi yang lebih tinggi serta gangguan rantai pasokan yang berkelanjutan juga dapat memperlambat perekonomian.

Secara tahunan, para ekonom memperkirakan pertumbuhan sekitar 7 persen tahun ini. Jika angka tersebut tercapai maka akan menjadi kinerja terkuat sejak 1984.

Dana Moneter Internasional pada hari Selasa meningkatkan perkiraan pertumbuhannya untuk Amerika Serikat menjadi 7 persen pada 2021 dan 4,9 persen pada 2022, naik 0,6 dan 1,4 poin persentase masing-masing, dari perkiraan pada April.

Rumah tangga mengumpulkan setidaknya US$2 triliun kelebihan tabungan selama pandemi. Rekor harga pasar saham yang tinggi dan percepatan harga rumah meningkatkan kekayaan rumah tangga.

Upah juga meningkat karena perusahaan bersaing untuk mendapatkan pekerja yang langka di tengah pasar tenaga kerja yang menguat.

[Gambas:Video CNN]

(age/agt)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *