Dicari! 200 Mahasiswa Kesehatan Tingkat Akhir untuk Jadi Relawan RS Lapangan di DIY

  • Whatsapp

SentraBerita.com, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah mencari setidaknya 200 mahasiswa jurusan kedokteran tingkat akhir untuk direkrut sebagai relawan di berbagai rumah sakit lapangan.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie menyebut para mahasiswa nantinya ditempatkan di rumah sakit lapangan dan menangani pasien COVID-19 kategori ringan sampai sedang.

“Targetnya 200. Pak Sekda bilang sementara baru 33 (direkrut), tapi ini sedang berproses nambah lagi,” kata Pembajun melalui sesi jumpa pers secara daring, Kamis (15/7/2021).

Dasar perekrutan mahasiswa sebagai relawan kesehatan ini adalah Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan Nomor 4394 Tahun 2020. Para mahasiswa yang telah lulus uji kompetensi bisa ditugaskan sebagai tenaga kesehatan meski belum mendapatkan surat tanda registrasi (STR).

“Adik-adik mahasiswa tingkat akhir ini secara teori dan praktik sudah cukup, tapi tidak untuk merawat pasien berat,” imbuh Pembajun.

Karena sifatnya sukarela, Dinkes tak akan memaksa para mahasiswa dalam perekrutan ini. Namun, bagi mereka yang bersedia akan mendapatkan nilai untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) sebagai tanda apresiasi.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari proses menyelesaikan pendidikan,” lanjutnya.

Pembajun menambahkan, 200 tenaga bukan hanya diperintukkan bagi profesi perawat. Tapi juga posisi sebagai apoteker, radiografer, serta Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM).

“Mudah-mudahan adik-adik kita memang punya dedikasi yang tinggi untuk melakukan itu. Ketersediaan mereka untuk jadi relawan nakes patut kita hargai, institusi pendidikan nakes swasta di DIY ini juga luar biasa kita hargai karena mereka memotivasi mahasiswa untuk mau (jadi relawan),” pungkas Pembajun. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *