Deloitte : Masa Keemasan Perdagangan Digital di Asia Pasifik Terjadi dalam 3 Tahun Mendatang

  • Whatsapp

SentraBerita.com  Deloitte telah merilis laporan “Technology-empowered Digital Trade in Asia Pacific” yang menyoroti tren terbaru pada perdagangan lintas batas di kawasan ini. Disebutkan bahwa tren berkembang menjadi semakin terdigitalisasi, semakin ramah lingkungan dan semakin menjamin masa depan yang berkelanjutan, di mana usaha kecil dan mikro memegang peranan penting.

Berdasarkan hasil survei terhadap bisnis yang terlibat dalam perdagangan lintas batas di kawasan Asia Pasifik, laporan ini memaparkan bahwa perdagangan digital akan semakin mempercepat peningkatan aktivitas e-commerce lintas batas, pengadopsian gaya hidup digital yang sangat cepat oleh konsumen, pengembangan lebih lanjut dari infrastruktur digital dan penguatan kerja sama regional yang dipimpin oleh Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). 

Laporan menyebut COVID-19, perkembangan teknologi digital, dan peningkatan kerja sama regional mempercepat pembentukan perdagangan digital di kawasan Asia Pasifik.

Taylor Lam, Vice Chairman dan Technology, Media & Telecommunications Industry Leader di Deloitte Cina mengatakan masa keemasan perdagangan digital di kawasan ini diharapkan akan terjadi dalam tiga tahun mendatang.

“Perdagangan digital hadir dengan peluang pengembangan baru. Selain itu, RCEP akan mempromosikan kerja sama regional dan memfasilitasi perdagangan digital regional,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima SentraBerita.com.

Seiring dengan makin majunya teknologi digital, pengadopsian teknologi digital dalam perdagangan kini semakin mendalam dan lebih komprehensif, perdagangan global telah memasuki era kecerdasan, di mana faktor data memainkan peran penting.

Infrastruktur penting seperti 5G akan menunjang pengembangan platform distribusi data dan arsitektur jaringan yang baru, dan memfasilitasi Internet of Everything (IoE). Sementara itu, akumulasi dari big data, yang dipadukan dengan kecerdasan buatan, akan memainkan peranan penting dalam pengambilan keputusan yang cerdas.

“Secara keseluruhan, perdagangan global dewasa ini sedang mengalami pertumbuhan yang agresif dari digitalisasi menuju tahap kecerdasan, di mana perdagangan digital adalah perkembangan terkininya,” pungkas Taylor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *