Daftar iPhone Lawas yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp dan Rawan Diretas

  • Whatsapp
Ilustrasi iPhone lawas yang rawan diretas dan tak bisa pakai WhatsApp. Foto: Pixabay
Bagi kamu yang memiliki iPhone lawas mungkin harus waspada dan coba untuk beralih ke perangkat yang lebih baru. Alasannya, iPhone jadul yang kehilangan pembaruan perangkat lunak atau software utama terbaru dari Apple, berpotensi diretas dan tak bisa pakai WhatsApp.
Setiap tahun, Apple biasanya menyisihkan satu atau dua model iPhone lama dari daftar perangkat yang kompatibel dengan versi iOS yang lebih baru. Seperti, iOS 15 yang baru rilis September lalu, kompatibel dengan setiap model iPhone yang saat ini berjalan di iOS 14.

Berarti siapa pun yang memiliki iPhone 6S atau yang lebih baru dapat upgrade ke iOS 15 yang memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Apple sendiri menawarkan pembaruan OS pada setiap perangkat iPhone selama lima tahun atau lebih sejak peluncurannya.

Apple iPhone 5. Foto: Monoar via Pixabay

Pembaruan software sistem operasi adalah sangat penting untuk menjaga iPhone tak rentan di-hack. Upgrade OS juga bisa perbaikan bug yang meningkatkan kinerja iPhone. Bug yang tak diperbaiki bisa menjadi ancaman hacker mengeksploitasi keamanan perangkat.

Total ada 10 model iPhone yang tidak bisa mengunduh versi terbaru sistem operasi iOS. Jika kamu menggunakan salah satu dari daftar ini, maka harus serius mempertimbangkan untuk membeli perangkat yang lebih baru, apalagi iPhone yang digunakan saat ini telah berusia ‘senja’ dan butuh perbaikan.

Dengan menganti model iPhone baru, kamu dijamin mendapatkan pembaruan iOS di masa mendatang yang mengamankan ponsel dari peretas dan memperbaiki bug yang mengganggu.

Dikutip The Sun, berikut ini adalah daftar iPhone jadul yang rentan diretas karena menggunakan iOS versi lama dan tidak bisa upgrade ke iOS 13 atau paling baru, seperti iOS 15.

Iphone 4. Foto: AFP/DON EMMERT

Daftar iPhone yang tak bisa pakai WhatsApp

Pada dasarnya, WhatsApp mewajibkan pengguna untuk menggunakan ponsel dengan minimum berjalan pada sistem operasi iOS 10. Persyaratan minimum tersebut itu dibutuhkan untuk menikmati semua fitur WhatsApp dengan pengalaman terbaik.

Dampak dari iPhone yang tidak memenuhi syarat tersebut, maka aplikasi WhatsApp akan berhenti berfungsi dan tidak lagi bisa mengirim dan menerima pesan. Solusinya saat ini adalah melakukan upgrade ponsel ke tipe yang lebih baru.

Sudah menjadi tradisi, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk HP Android dan iOS lawas pada akhir setiap tahun. Seperti tahun lalu, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk ponsel yang menjalankan iOS 9 atau lebih lama.

Berikut ini adalah daftar iPhone lawas yang tidak memenuhi syarat minimum OS yang bisa menggunakan WhatsApp, karena semuanya mentok upgrade hanya sampai iOS 9.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *