Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa dan Fungsi Penggunaannya

  • Whatsapp

Membuat surat keterangan usaha. Foto: dok. https://pixabay.com/
Saat kita punya ide bisnis dan ingin membuka usaha, tentu perlu melengkapi beberapa persyaratan dokumen yang perlu diurus untuk membuka usaha. Salah satu surat yang perlu dibuat adalah surat keterangan usaha dari desa. Berikut ini adalah bahasan mengenai contoh surat keterangan usaha dari desa dan fungsi pembuatannya.

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa dan Fungsinya

Surat keterangan usaha merupakan salah satu surat yang perlu dimiliki pemilik usaha agar usaha yang dijalankan dapat berjalan tanpa hambatan dan untuk membuktikan bahwa usaha yang dijalankan merupakan usaha yang legal dan berlandaskan hukum. Pembuatan surat keterangan usaha ini dapat diurus di desa setempat.
Dari buku Mengurus Surat-Surat Perizinan yang disusun Henry S Siswosoediro (2008:4) mengurus dan melengkapi dokumen perizinan perlu dilakukan agar usaha yang dijalankan dapat berkekuatan hukum dan lebih mudah dalam meningkatkan keuntungan usaha yang dijalankan, bahkan dapat terhindar dari penutupan usaha dari pihak yang berwenang. Hal ini juga berlaku dalam kepemilikan surat keterangan usaha.
Membuat surat keterangan usaha. Foto: dok. https://pixabay.com/
Berikut ini adalah contoh surat keterangan usaha dari desa yang perlu Anda miliki sebagai pemilik usaha:

Saya selaku Kepala Desa Suka Maju menyatakan bahwa:

No. KTP : 7753378063300008

TTL : Depok, 23 September 2001

Alamat : Jl Manuk Dadali 5 RT. 6

Merupakan seorang warga yang berdomisili di Desa Suka Maju, Kecamatan Suburjaya, Kabupaten Bandung Selatan dan tidak pernah terlibat dengan kasus hukum apapun.

Adapun surat keterangan ini diberikan untuk kelengkapan persyaratan sebagai pernyataan kepemilikan usaha. Berdasarkan pengamatan, pihak yang tersebut di atas mempunyai sebuah usaha berupa Rumah Makan Sederhana.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, Saya ucapkan terima kasih.

Desa Suka Maju, 28 Oktober 2035

Semoga pemaparan singkat mengenai pentingnya membuat surat keterangan usaha dari desa dan fungsi pembuatannya dapat dipahami untuk meningkatkan kesadaran kelengkapan dokumen perusahaan. (DAP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *