Cara Menghindari Kebiasaan Tidur Telat Setelah Seharian Kerja Bagai Kuda | SentraBerita.com

  • Whatsapp

unsplash.com

Bacaan Lainnya

Sadarkah kamu kalau kadang setelah berjibaku dengan jadwal padat seharian, kamu jadi susah tidur di malam hari. Ada kalanya, setelah lelah bekerja seharian dan beres-beres rumah, kamu justru memilih malam hari sebagai waktu yang tepat untuk menghibur diri. 

Alhasil, scroll media sosial yang tidak ada habisnya atau streaming film dan musik di internet jadi alternatif kegiatan favorit saat seharusnya kamu sudah tidur. Padahal kamu tahu itu waktumu untuk beristirahat. Namun, mata justru makin melek saat melihat layar gawai. 

Jika itu yang kamu lakukan belakangan ini, tandanya kamu sedang membentuk kebiasaan bedtime procastination atau menunda tidur. Sekali dua kali dilakukan sih tak masalah, tetapi jika sudah berlarut-larut dampak lain bisa menyertai. Ikuti beberapa tips menghindari kebiasaan buruk itu, yuk. 

1. Buat jadwal yang efektif dan berkomitmen menaatinya

unsplash.com

Kadang perasaan lelah dan kurang waktu untuk menghibur diri terjadi karena kamu tidak mengatur jadwal bekerja dengan baik. Apalagi saat harus bekerja dari rumah di mana batasan antara kewajiban profesional dan kebutuhan pribadi jadi kabur.

Untuk itu, buat jadwal dengan efektif. Bisa mulai dengan membuat daftar tugas berdasar prioritas. Lalu, ikuti dengan disiplin. Kamu mungkin akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat jika bisa fokus dan mengikuti jadwal yang sudah kamu buat sendiri. 

2. Jauhkan diri dari gawai saat malam tiba

unsplash.com

Jika memang jadwalmu sangat padat dan nggak ada waktu luang sedikit pun sebelum malam, kamu bisa menghibur diri dengan banyak hal selain yang berkenaan dengan gawai. Daripada membuka media sosial, coba ganti kegiatan dengan membaca buku. Daripada nonton film dan serial, coba dengarkan musik saja sambil rebahan dan istirahat.  

3. Susah buat jauh dari gawai, setel alarm pengingat waktu tidur

unsplash.com

Jika memang tak bisa jauh dari gawai, coba nyalakan alarm dari ponsel untuk mengingatkan waktu tidur. Setel jam berapa maksimal kamu harus sudah tidur dan jangan tergoda untuk mematikan alarm tanpa ada komitmen untuk segera pergi tidur saat itu juga. 

4. Atur pencahayaan kamar

unsplash.com

Tidur dalam keadaan gelap sebenarnya dianjurkan, tetapi untuk beberapa orang yang belum terbiasa ada cara lain yang bisa dicoba. Siapkan lampu baca dengan daya rendah dan warna yang hangat di kamar seperti kuning. Saat sudah masuk jam tidur, silakan matikan semua lampu dan hanya nyalakan satu lampu temaram tersebut. 

5. Hindari makan dan minum mendekati jam tidur

unsplash.com

Meski dehidrasi harusnya dihindari, kamu disarankan untuk tidak minum apapun mendekati jam tidur. Maksimal dua jam sebelum tidur kamu sudah harus berhenti minum. Minum air putih atau lainnya mendekati waktu tidur bisa membuat frekuensi ke kamar kecil lebih besar dan lagi-lagi menginterupsi jam tidurmu. 

6. Atur jam tidur yang konsisten

unsplash.com

Mungkin sulit jika punya waktu tidur yang berantakan. Lama kelamaan dengan disiplin dan komitmen, kamu akan terbiasa tidur dan bangun di jam yang sama. Dengan begitu, tubuh pun akan punya jam biologis sendiri dan seiring berjalannya waktu godaan untuk menunda jam tidur akan berkurang. 

Itu tadi beberapa tips mengatasi kecenderungan menunda tidur. Semuanya butuh komitmen dan disiplin, tetapi nggak mustahil dilakukan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *