Cara Mengatasi Mata Sembab saat Bangun Tidur Menurut Ahlinya, Cek!

  • Whatsapp

Cara Mengatasi Mata Sembab saat Bangun Tidur

Mengutip para ahli dermatologi dari Byrdie, berikut cara mengatasi mata sembab saat bangun tidur:

Bacaan Lainnya

1. Manfaatkan sendok dingin

Cara mengatasi mata sembab saat bangun tidur yang pertama adalah memanfaatkan sendok dingin. Cara melakukannya, biarkan dua sendok bersih dalam freezer hingga pagi hari. Ketika bangun, cukup tekankan sendok pada kedua mata selama beberapa menit.

Sebelum pengaplikasian pada wajah, pastikan kamu membasahkan sendok terlebih dahulu. Dengan begitu, ini akan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan pada area mata.

2. Jaga hidrasi tubuh

Robert Finney, MD, FAAD, ahli dermatologi dan clinical assistant professor di NYU, menganjurkan untuk menjaga hidrasi tubuh. Pasalnya, tubuh yang terhidrasi akan mengatasi kondisi sembab pada mata.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, ini akan menahan segala cairan tubuh sehingga mampu mengatasi mata yang sembab. Beberapa studi menemukan bahwa jumlah konsumsi air yang ideal untuk wanita sebanyak 2200 ml.

3. Gunakan eye cream

Cara mengatasi mata sembab lainnya dapat diterapkan melalui penggunaan eye cream. Sebaiknya utamakan produk krim mata dengan beberapa bahan berikut: teh hijau, kafein, niacinamide, peptida, dan antioksidan lainnya. Finney menjelaskan bahwa ini akan mengurangi peradangan sekaligus menahan pembuluh darah untuk mengurangi kondisi sembab.

Apabila kamu ingin pakai alternatif yang lebih alami, coba pilih aloe vera gel. Dilengkapi bahan antiradang, kamu tinggal mengoleskannya pada area mata sembab.

4. Lakukan teknik pijat wajah

Ternyata metode aplikasi moisturizer mata dapat memengaruhi kondisi bawah mata, lho. Ahli kecantikan dan perawatan kulit tersertifikasi, Ali Tobia, menjelaskan bahwa menggosok moisturizer atau krim pada mata dapat menyebabkan sembab.

Oleh karena itu, coba lakukan teknik pijat wajah pada area mata untuk meningkatkan peredaran cairan tubuh.

Untuk melakukannya, mulai tekan jari manis pada leher agar peredarannya berjalan. Kemudian, gunakan bagian belakang kepalan tangan buat menggosok kedua sisi leher. Setelah itu, pindahkan tangan ke arah wajah yang bermula dari bagian tengah wajah hingga telinga.

Ketika menyentuh area mata, pastikan jari sekilas menyentuh tulang yang berada di area tersebut. Demi mencapai hasil yang maksimal, gunakan bantuan minyak facial.

5. Tidur lebih banyak

Hartman menganjurkan untuk tidur lebih banyak selama 8-10 jam dalam mengatur kondisi sembab pada mata. Selain itu, sebaiknya kamu membiarkan posisi kepala tinggi di atas bantal.

Meski tak sepenuhnya hilang, mata sembab dapat berubah lebih parah ketika kekurangan tidur. Untuk posisi kepala yang lebih tinggi, coba tambahkan bantal tepat di atas bantal yang ada. Dengan begitu, kamu dapat mempermudah peredaran cairan tubuh pada malam hari.

6. Atasi reaksi alergi

Apabila kamu memiliki alergi musiman, inilah yang mungkin menyebabkan mata sembab. Saat menyadari gejala alergi, segera tangani dengan jenis obat-obatan yang tepat.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan jenis antihistamin untuk menangani reaksi alergi. Tentunya ini akan mengurangi kondisi sembab pada mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *