Butuh Inspirasi Desain Kamar Minimalis Cowok? Sontek 11 Ide Berikut Ini

  • Whatsapp

Buat Moms dan Dads yang memiliki anak cowok, tentu ingin memberikan kamar tidur yang nyaman untuknya agar semakin betah di rumah. Kamar cowok yang dulu sering dianggap berantakan, kini banyak yang ingin kamarnya bergaya minimalis dan rapi. Berikut ini adalah beberapa ide desain kamar minimalis cowok yang bisa Moms dan Dads coba.

Kamar Minimalis Cowok

Kamar minimalis cowok

Foto: hikendip.com

Memiliki kamar sendiri dan mengatur tampilan kamar sesuai selera adalah keinginan hampir setiap orang.

Bagi cowok, kamar minimalis akan menampilkan kesan teratur, bersih, dan tidak banyak peralatan yang berserakan. Ide desain kamar minimalis cowok pun semakin populer akhir-akhir ini.

Kamar tidur minimalis dapat didefinisikan sebagai keadaan kamar yang bersih, pilihan warna yang sedikit, dan tidak memiliki banyak ornamen dekorasi.

Walaupun kamar dengan banyak furnitur dapat mengalihkan perhatian secara visual dari rasa bosan, memiliki lebih sedikit barang dalam ruangan berarti semua yang ada di ruangan tersebut haruslah barang yang enak dipandang, praktis, dan tidak membosankan. 

Membuat ruangan minimalis belum tentu lebih irit daripada kamar pada umumnya karena dekorasi dan furnitur yang berkualitas, praktis, dan tidak membosankan mungkin memiliki harga yang sedikit lebih tinggi.

Namun, bagi yang ingin lebih hemat mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli barang bekas, pasar loak, dan sejenisnya untuk menemukan perabotan dan dekorasi antik yang cocok dalam tema ruangan.

Baca Juga: 5 Artis Ini Punya Anak Cowok Lebih dari Satu, Yuk Simak Keseruannya!

Ide Desain Kamar Minimalis Cowok

Sebelum mewujudkan ide desain kamar minimalis cowok, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamar sesuai dengan harapan.

Untuk memberikan kualitas tidur yang baik dan memberikan suasana nyaman, maka kasur adalah elemen penting. Letak posisi dan model kasur bisa ditentukan tergantung dengan ukuran dan bentuk kamar.

Kamar tidur minimalis bisa menjadi hangat dan nyaman, namun tetap mempertahankan energi maskulin yang sejuk.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kamar tidur minimalis, yaitu:

1. Hilangkan Barang Kurang Penting

Rapikan dan sortir barang

Foto: Freepik.com

Singkirkan semua barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Konsep minimalis lebih mengutamakan efektivitas dalam pemanfaatan ruang kamar, oleh karena itu usahakan barang yang ada di dalam kamar hanyalah barang yang  sering digunakan.

Untuk barang yang belum pernah digunakan dalam enam bulan terakhir, bisa disimpan.

2. Pilih Barang

Konsep minimalis juga menyarankan untuk meletakkan barang sesedikit mungkin dalam kamar.

Konsep kamar minimalis menciptakan ruang di mana setiap objek memiliki tujuan, seperti lampu meja untuk penerang ruangan, atau jam dinding yang dapat dilihat dalam kondisi pencahayaan apa pun.

Konsep utamanya adalah untuk tidak memiliki barang yang tidak berguna atau kurang digunakan.

3. Gunakan Warna Netral

Gunakan warna netral

Foto: Freepik.com

Warna kamar minimalis cowok bisa dipilih warna yang netral untuk sprei, selimut, dan seprai besar lainnya.

Terlalu banyak warna yang mencolok dan pola yang nyentrik akan merusak konsep minimalis. Warna krem, putih, abu-abu, dan hitam adalah pilihan yang baik dan sesuai dengan konsep ini.

Ketika skema warna keseluruhan kamar tidur sederhana, sedikit percikan warna akan berdampak besar terhadap nuansa kamar.

Karpet atau selimut dengan warna yang cerah dapat menghidupkan ruangan tanpa menghilangkan kesan minimalis.

Baca Juga: 9 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya dengan Cepat

4. Pilih Kasur Tanpa Bingkai

Rangka tempat tidur sederhana membantu menambah nuansa minimalis. Ada  beberapa pilihan yang dapat digunakan seperti rangka tempat tidur terbuat dari logam atau kayu.

Tempat tidur akan menjadi titik fokus terbesar dalam kamar. Saat didesain dengan konsep minimalis, tidak perlu menambahkan apapun seperti ukiran pada headboard pada kasur.

5. Tekankan Cahaya Alami

Pertimbangkan cahaya alami

Foto: Freepik.com

Semakin sedikit furnitur dan perlengkapan yang dimiliki dalam sebuah ruangan, maka semakin penting untuk mengatur pencahayaannya.

Gunakanlah cahaya alami semaksimal mungkin karena membantu mengurangi kebutuhan akan perlengkapan lampu.

Konsep ini tentu saja memerlukan beberapa jenis sumber cahaya buatan saat matahari tidak bersinar. Salah satu cara serbaguna yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan lampu adalah dengan menggunakan dimmer (alat peredup dan penerang lampu).

6. Gantung Satu atau Dua Hiasan Dinding

Memang konsep kamar minimalis adalah meletakkan barang yang sering digunakan saja. Namun, hiasan dinding juga penting agar tidak memberikan kesan membosankan dalam ruangan.

Dinding yang benar-benar kosong cenderung terlihat kusam dan tidak nyaman.

Pilihlah satu atau paling banyak dua karya seni atau foto untuk digantung di kamar tidur.

Karya seni yang dipilih akan menjadi titik fokus utama kedua di dalam ruangan setelah kasur. Hiasan yang ditampilkan akan mencerminkan kepribadian dan minat pemilik kamar.

7. Gunakan Furnitur Minimalis Tapi Multifungsi

Furnitur multifungsi

Foto: Pandriva.com

Lemari, laci, dan meja adalah beberapa barang terbesar yang akan ada di kamar tidur.

Jika membutuhkan lebih dari satu lemari atau satu set laci, cobalah untuk menaruhnya jauh dari tempat tidur. Hal ini akan membantu mencegah ruangan dari kesan menumpuk.

Saat ini banyak pula desain yang menggabungkan fungsi furniture, seperti membuat tempat tidur dengan laci built-in di bawah kasur, atau rangka tempat tidur yang dibangun tinggi dengan ruang kosong di bawahnya untuk meja dan lemari.

Baca Juga: 5 Tips Desain Kamar Minimalis Ala Korea, Cobain ya!

8. Simpan Satu Rak untuk Kenang-kenangan

Minimalis bukan berarti menghilangkan pernak-pernik sepenuhnya. Kamar masih bisa didekorasi dengan barang-barang pribadi yang kecil.

Susun semua foto, buku, dan kenang-kenangan lainnya dalam satu rak. Rak dapat bertindak sebagai titik fokus lain yang menarik dalam ruangan. 

9. Tambahkan Tanaman Indoor

Tambahkan tanaman indoor

Foto: Freepik.com

Menambahkan satu atau dua tanaman kecil tidak hanya menambah nilai dekorasi tetapi juga sangat cocok dengan tema desain minimalis.

Pilih tanaman indoor yang mudah dirawat. Posisi tanaman juga harus tergantung pada penempatan jendela, atau bisa membuat tanaman yang  tidak membutuhkan banyak sinar matahari alami apabila posisi jendela tidak memungkinkan untuk dipadukan dengan tanaman.

Hindari memilih tanaman yang akan tumbuh menjadi sangat besar. Tanaman lidah mertua, philodendron, dan kaktus adalah pilihan yang cocok untuk di kamar.

Tanaman tersebut dapat diletakkan di lantai, meja, atau bahkan digantung di langit-langit kamar.

10. Gunakan Dasar-Dasar Ruangan

Tidak perlu mencoba menyembunyikan bagian alami kamar, misalnya menyembunyikan lantai dengan karpet. Di sisi lain, karpet dapat digunakan sebagai bagian dari dekorasi ruangan. Contohnya, tempatkan karpet di bawah kaki ranjang.

Tidak hanya tampilan yang bagus, tetapi desain kamar minimalis cowok akan akan tampak lebih bersih. Kotoran, bulu hewan peliharaan, dan partikel lainnya dapat terperangkap di karpet. Sisi positif lainnya, lantai tanpa karpet jauh lebih mudah dibersihkan.

11. Pertimbangkan Jenis Lampu

Pertimbangkan lampu yang dipakai

Foto: Unsplash.com

Faktor pencahayaan juga menjadi elemen penting dalam desain kamar minimalis cowok. Sebaiknya, memilih pencahayaan untuk desain kamar minimalis cowok juga tidak sembarangan. Ada dua pertimbangan dalam memilih pencahayaan, yaitu tingkat kecerahan dan warnanya.

Saat menentukan cahaya dalam desain kamar minimalis cowok, penting untuk mempertimbangkan jenis bohlam yang akan digunakan. Apabila terlalu bergantung pada intensitas pencahayaan bohlam dan warna yang dipancarkannya, maka bohlam berpotensi memengaruhi secara positif atau negatif suasana dalam aktivitas tertentu.

Sesuaikan tingkat keterangan lampu berdasarkan jenis suasana yang diinginkan untuk kamar tidur.

Warna ruangan memegang peranan penting dalam menunjang berbagai aktivitas.

Warna cahaya putih dan biru telah terbukti meningkatkan kewaspadaan, pencahayaan dengan warna seperti ini paling baik digunakan untuk mendukung aktivitas yang membutuhkan fokus seperti belajar dan bekerja.

Karena lampu biru dan putih meningkatkan kewaspadaan dan menekan produksi melatonin (hormon yang menyebabkan tidur), tidak cocok dipasang untuk kegiatan bersantai dalam waktu yang panjang.

Di sisi lain, pencahayaan yang menyebarkan warna-warna hangat seperti kuning atau oranye tidak mengganggu produksi melatonin. Jadi, lampu yang cenderung hangat paling cocok untuk aktivitas kamar tidur seperti membaca, menonton TV, atau sekadar bersantai.

Semua bentuk memiliki tujuan yang satu yaitu menciptakan kenyamanan. Pencahayaan yang tepat akan mendukung fungsi-fungsi tersebut. Desain kamar minimalis cowok dengan memadukan cahaya yang tepat akan menambah kesan nyaman dalam ruangan.

Baca Juga: 7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

Contoh Ide Desain Kamar Minimalis Cowok

Supaya tidak bingung, berikut ini ada beberapa ide desain kamar minimalis cowok yang terasa rapi, segar, dan maskulin.

1. Tempat Tidur Sederhana

Ranjang simple

Foto: hikendip.com

Ketika memilih tempat tidur untuk melengkapi kamar minimalis cowok, pilihlah tempat tidur dengan platform yang ramping daripada yang berkanopi rumit, berukir, atau tempat tidur bertiang empat.

Bingkai platform sederhana dengan tempat tidur yang berwarna netral adalah ciri khas kamar tidur minimalis. Atau, bisa juga menggunakan konsep tempat tidur yang memiliki sandaran kepala atau tanpa sandaran kepala sama sekali.

Selain bantal tidur, Moms dan Dads juga bisa menambah beberapa bantal lain sebagai dekorasi dan menambah nilai estetika tempat tidur, serta menjaganya terlihat seimbang dan proporsional.

2. Usahakan Dinding Terlihat Luas

Dinding yang luas untuk gaya minimalis

Foto: hikendip.com

Untuk desain kamar minimalis cowok, dinding tanpa hiasan lebih dianjurkan untuk menjaga tampilan tetap bersih, sederhana, dan tidak terlalu ramai.

Namun, tidak berarti bahwa setiap dinding harus dibiarkan kosong. Gantung beberapa hiasan dinding seperti foto atau karya seni yang mencerminkan karakter sang penghuni kamar.

3. Palet Warna Terbatas

Gunakan palet warna yang terbatas dan netral

Foto: hikendip.com

Desain kamar minimalis cowok dapat memanfaatkan pilihan palet warna klasik, misalnya hitam, putih, dan abu-abu yang merupakan warna-warna netral.

Kuncinya adalah menjaga pilihan warna tetap sederhana dan terbatas dari warna cerah, terang mencolok, atau kombinasi warna kompleks lainnya.

Warna netral paling cocok untuk tampilan minimalis diimbangi dengan nuansa warna gelap, putih, atau boleh saja salah satu warna kesukaan penghuni kamar yang dapat dijadikan aksen.

Warna-warna netral ini membuat kamar tidur tetap terasa lembut dan terlihat tenang, sehingga nyaman untuk ditinggali.

Baca Juga: 15 Aplikasi Desain Rumah, Yuk Mulai Rancang Rumah Idaman!

4. Garis Rapi dan Bersih

Furnitur yang rapi

Foto: elledecor.com

Susun perabotan dan dekorasi membentuk garis yang rapi dan bersih tanpa banyak hiasan ukiran, trim, atau detail lain adalah salah satu model desain kamar minimalis cowok.

Saat ini banyak tampilan furnitur bergaya minimalis yang dapat dipilih dari banyak toko furnitur. Dengan menyusun barang dalam garis lurus, kamar tidur akan memiliki suasana bersih, teratur, dan rapi secara keseluruhan.

5. Detail Kecil

Detail kecil dalam kamar minimalis

Foto: themerrythought.com

Kunci dari model desain kamar minimalis cowok ini adalah untuk mengontrol elemen di dalamnya. Pilih pola dan karya seni dengan warna yang terbatas. Hindari tanaman terlalu besar, karya seni berukuran kecil yang mudah rusak, dan desain yang berlebihan.

Untuk karya seni, pilih satu karya yang besarnya proporsional dengan ruangan dan dipilih dengan baik. Misalnya yang memberikan rasa tenang dan kalem pada saat melihatnya di dinding.

6. Seimbang dan Simetris

Ruangan seimbang dan simetris

Foto: home-designing.com

Model desain kamar minimalis cowok penting untuk mempertimbangkan unsur-unsur yang harmonis.

Perhatikan baik-baik ide desain kamar minimalis cowok skala furnitur kamar tidur dan ukuran kamar. Furnitur besar di ruangan mungil akan membuat ruangan terasa sesak, sementara furnitur kecil di ruangan besar bisa membuat ruangan terasa kosong.

Usahakan menata furnitur dan dekorasi dengan simetris untuk menciptakan kesan kamar tidur yang teratur.

Sebuah ruangan yang proporsional membantu mata bergerak dengan lancar melihat seisi ruangan. Ketika tata letak ruangan seimbang dengan baik, hasilnya akan tampak tenang dan teratur, yang merupakan ciri khas gaya minimalis.

7. Bebas dari Kekacauan

Ruangan yang rapi kunci minimalis

Foto: elledecor.com

Konsep tempat tidur acak-acakan tidak akan ditemukan dalam model desain kamar minimalis cowok. Gaya kamar minimalis cowok akan tetap menjaga suasana kamar tetap tenang dan rapi. Di kamar tidur minimalis hanya terdapat perabotan yang diperlukan. Yang menjadikannya tempat yang sepi secara visual untuk bersantai.

8. Monokrom

Monokrom

Foto: hikendip.com

Jika Moms dan Dads bingung untuk memilih warna untuk desain kamar anak cowok, monokrom bisa menjadi salah satu solusi. Warna monokrom bukan hanya netral dan menyiratkan simbol maskulin, tetapi juga akan memberikan kesan yang lebih minimalis dan simpel pada keseluruhan ambiance dan desain kamar anak cowok.

9. Cermin untuk Kesan Kamar Lebih Luar

cermin di kamar

Foto: decoratedlife.com

Selain itu, Moms dan Dads tak perlu takut kalau kamar anak berukuran kecil. Karena, Moms dan Dads bisa membuatnya terkesan luas hanya dengan memasang cermin besar pada salah satu dindin kamar.

Cermin ini juga bisa dimanfaatkan untuk sang buah hati saat sedang mengenakan pakaian dan memeriksa penampilannya sebelum bepergian.

Selain memasang cermin pada dinding, Moms juga bisa memasang standing mirror yang tinggi, sehingg ruangan akan terlihat lebih luas dan ceiling akan terlihat lebih tinggi.

Ada juga desain kamar yang memasang cermin pada satu sisi dining secara full. Jika Moms suka, cermin yang dipasang satu dinding full ini akan menambah kesan kamar yang jauh lebih luas, Moms. Namun, tentu harus disepakati dulu dengan si buah hati, ya Moms. Apakah desain dengan full mirror pada satu dinding disukai sang anak. Karena, tentu tidak semua anak dan remaja cowok menyukai desain ini.

Baca Juga: Perbedaan Tipe Kamar-Kamar di Hotel

Apakah Moms dan Dads sudah punya bayangan untuk desain kamar minimalis cowok? Jika merasa masih bingung, tidak ada salahnya menggunakan jasa konsultasi desain interior. Semoga kamarnya semakin nyaman, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *