Begini Tanda Infeksi Covid-19 pada Wanita Hamil

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Wanita hamil harus mewaspadai infeksi Covid-19. (Ilustrasi/Freepik)

SentraBerita.com, SOLO–Sejumlah wanita hamil dinyatakan positif Covid-19, bahkan ada yang meninggal dunia seperti terjadi di Karanganyar. Sebelum terlambat, sebaiknya ketahui gejalanya.

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Sebagaimana diketahui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar mencatat satu wanita hamil meninggal dalam kondisi terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, Dinkes juga mendata 40 wanita hamil di Kabupaten Karanganyar yang akan melahirkan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 hingga awal Juni ini. Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kabupaten Karanganyar, Nuk Suwarni, menyampaikan satu orang ibu hamil meninggal pada pekan terakhir Mei.

Baca Juga: Para Pesohor Ini Memborong BTS Meal dengan Beragam Tujuan

Konsultan dan obstetri dan ginekologi di Motherhood Hospitals India, Aarthi Bharat, mengatakan ada sejumlah tanda yang harus diwaspadai wanita hamil sebelum dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Bagi wanita hamil ketahui tandanya sebagaimana mengutip lamanPinkvilla dan Bisnis.com, Sabtu (12/6/2021):

1. Waspadai batuk parah atau badan pegal-pegal karena bisa jadi itu pertanda virus masuk ke dalam tubuh.

2. Waspadai rasa dingin yang menjalar di seluruh tubuh dan mungkin sakit tenggorokan.

3. Mereka mungkin tidak memiliki gejala yang biasa seperti demam atau sesak napas dan juga mungkin menghadapi sakit perut.

4. Beberapa pasien mungkin muncul dalam persalinan untuk kelahiran yang direncanakan dan tidak sampai setelah melahirkan mereka mulai menunjukkan gejala demam. Namun, cara kemunculannya menyebabkan kebingungan dan keterlambatan dalam pengujian, karena dokter mungkin merasa bahwa demam ini disebabkan oleh alasan pascapersalinan. Jadi, jika Anda demam setelah melahirkan, jauhi orang-orang dan lakukan tes sesegera mungkin.

Baca Juga: FKUI Buktikan Terapi Sel Punca Bisa Selamatkan Pasien Covid-19 Kritis

5. Terlihat sebagian besar pasien Covid-19 yang hamil tidak menunjukkan gejala dengan demam ringan. Jadi, wanita harus waspada terhadap demam ringan dan mengambil tindakan pencegahan jika mereka merasa curiga bahwa mereka memiliki Covid-19.

Jika Anda sebagai wanita hamil melihat tanda-tanda ini di tubuh Anda atau jika gerakan bayi Anda berkurang, hubungi dokter Anda sesegera mungkin. Cobalah dan tetap tenang jika Anda kebetulan memiliki Covid-19 karena stres dapat berdampak pada bayi. Dokter merekomendasikan untuk melacak setidaknya 5 tendangan per jam sehingga Anda tahu bahwa bayi ada di sana dan aktif.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *