Baterai HP-mu cepat habis? Ini Dia Aplikasi Paling Boros Energi

  • Whatsapp

Aplikasi paling boros energi ini mencuri baterai kamu tanpa kamu sadari!

Aplikasi paling boros energi berikut ini bisa jadi merupakan dalang di balik borosnya baterai smartphone milik kamu. Tak dapat dipungkiri, dewasa ini smartphone telah menjadi bagian penting dalam segala aktivitas kita baik itu dalam bersosialisasi, bekerja, belajar, dan masih banyak lagi. Tentunya ketahanan baterai merupakan salah satu faktor penting jika membahas mengenai performa smartphone untuk menunjang aktovitas sehari-hari.

Namun tak jarang pula smartphone terbaru dan termahal sekalipun dapat mengalami boros baterai jika digunakan untuk mengakses aplikasi paling boros energi berikut ini. Akan sangat mengesalkan bagi kamu jika tiba-tiba smartphone kamu low-battery sedangkan kamu sedang membutuhkannya untuk berbagai keperluan. Entah itu kepentingan untuk menghubungi seseorang, memesan ojek online, cek email untuk urusan pekerjaan, dan kepentingan mendesak lainnya.

Bacaan Lainnya

Smartphone keluaran terbaru memang dibekali dengan kapasitas baterai yang besar. Namun hal ini masih tidak cukup jika kebutuhan kamu untuk mengakses aplikasi boros energi yang cukup tinggi pula dengan frekuensi yang lama. Ingin tahu kira-kira aplikasi mana saja yang paling banyak menyedot kapasitas baterai smartphone kamu? Berikut adalah beberapa aplikasi paling boros energi versi Bob.

Aplikasi Paling Boros Energi: Aplikasi Media Sosial

Aplikasi paling boros energi yang pertama adalah aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lainnya. Aplikasi media sosial menempati posisi nomor satu sebagai penguras terbesar baterai smartphone . Aplikasi Facebook secara konsisten menempati peringkat teratas dalam laporan penggunaan baterai iPhone maupun Android. Salah satu alasan utama aplikasi paling boros energi seperti Facebook meyedot data baterai karena apikasi ini memerlukan akses ke banyak data pengguna.

Aplikasi paling boros energi ini akan terus-menerus meminta izin dari smartphone kamu untuk mengakses segala sesuatu dari kontak hingga lokasi. Tak heran jika aplikasi ini menguras pasokan energinya. Aplikasi media sosial juga dikenal memiliki pengguna terbanyak karena umumnya aplikasi media sosial akan memuat banyak konten yang memperberat kinerja handphone, seperti link, tulisan, video, dan foto.

@Indiatimes.com

Facebook pun telah menyadari masalah ini yang menjadi alasan mereka meluncurkan versi mini dari aplikasinya yang dinamakan Facebook Lite. Tentunya ada beberapa fitur yang tidak bisa kamu akses melalui Facebook Lite ini untuk menghemat pemakaian energi.

Namun bagi kamu yang tak begotu sering menggunakan Facebook maka aplikasi ini lebih baik daripada smartphone kamu boros baterai. Selain itu aplikasi media sosial juga tak hanya menguras energi baterai tapi juga menguras RAM dan data internet karena kamu harus mengaktifkan kamera dan internet secara bersamaan.


Baca Juga: 7 Aplikasi Penghasil Uang Cepat Tanpa Perlu Modal. Yuk Unduh Sekarang!


Aplikasi Paling Boros Energi: Aplikasi Pesan

Aplikasi paling boros energi selanjutnya adalah aplikasi pesan seperti WhatsApp, LINE, WeChat, Skype, Facebook Messenger, dan Slack yang dikenal sebagai penyebab baterai terkurs. Hal ini dikarenakan aplikasi pesan ini akan terus membangunkan smartphone dari status layar mati agar menyala ketika ada notifikasi pesan masuk. Selain itu tanpa mungkin kamu sadari, aplikasi perpesanan juga terus berjalan di latar belakang atau background smartphone kamu.

Aplikasi paling boros energi berikutnya adalah aplikasi streaming. Aplikasi streaming merupakan salah satu sumber hiburan banyak orang terutama saat tinggal diam di rumah di masa pandemi saat ini. Beberapa contoh dari aplikasi streaming ini di antaranya adalah seperti YouTube, Netflix, dan lainya juga menghabiskan banyak baterai. Aplikasi streaming ini umumnya menggunakan Wi-Fi atau koneksi data dan membuat layar tetap menyala hingga bersinar terang untuk waktu yang lama.

Pemutaran video juga menggunakan prosesor smartphone juga perangkat lunak dan chip grafik. Semua hal inilah yang kemudian membuat smartphone kamu akan merasa sangat terbebani oleh masa pakai baterai. Hal yang bisa kamu lakukan adalah mengatur tingkat kecerahan smartphone kamu ke paling rendah dan tidak menggunakan smartphone bluetooth. Kamu juga bisa memasang aplikasi optimasi baterai seperti Greenify, Avast Battery Saver, DU Battery Saver, dan lain-lain.

Aplikasi Paling Boros Energi: Aplikasi Navigasi dan Transportasi

Tentunya smartphone kamu juga dibekali dengan aplikasi navigasi yang bergantung pada teknologi GPS seperti Google Maps atau Waze. Aplikasi navigasi ini akan sangat berguna saat perjalanan. Namun di sisi lain aplikasi navigasi juga merupakan salah satu aplikasi yang terburuk dalam hal konsumsi baterai. Selain itu, aplikasi paling boros energi seperti Gojek dan Grab juga bertanggung jawab akan terkurasnya bateri smartphone.

Hal itu dikarenakan karena beberapa aplikasi tersebut akan memerlukan GPS untuk tetap bekerja. Dnegan begitu maka tampilan smartphone akan terus menyala dan data seluler selalu aktif sehingga dapat mengunduh peta dan informasi lalu lintas terkini.

Aplikasi Paling Boros Energi: Aplikasi Pra-instal atau Bawaan

Aplikasi paling boros energi
@Dragana_Gordic via Freepik

Tak kalah boros dengan beberapa aplikasi paling boros energi di atas, aplikasi paling boros energi yang satu ini juga cukup banyak menguras baterai smartphone kamu. Bagi kamu pemilik smartphone Android kamu pasti memiliki masalah bloatware atau aplikasi bawaan dari pabrik. Lalu kira-kira apa yang bisa kamu lakukan untuk menghemat masa pakai baterai smartphone? Buka Settings > Application Manager > All dan klik salah satu aplikasi. Matikan Show notifications, klik Clear Data, dan Disable


Baca Juga: Butuh HP Android Baru? Simak 5 Rekomendasi Smartphone 2 Jutaan Berikut!


Aplikasi Paling Boros Energi: Aplikasi Berita

Aplikasi paling boros energi yang terakhir adalah aplikasi berita. Aplikasi berita memang dikenal sangat penting untuk membuatmu stay up to date dengan berita terkini. Namun sayangnya ternyata aplikasi berita tersebut juga bisa menguras baterai kamu. Hal ini dikarenakan aplikasi berita akan terus membagikan berita baru setiap saat sehingga smartphone kamu perlu refresh secara konstan. Untuk mengehemat baterai kamu bisa mengaktifkan saat kamu ingin membukanya saja.

Ingin staycation di hotel kapsul kekinian? Di SentraBerita.com aja!

Bicara soal smartphone, apakah kamu tahu di beberapa kota besar di Indonesia ada yang dinamakan hotel dengan teknologi canggih? SentraBerita.com adalah hotel kapsul di Indonesia yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods SentraBerita.com lewat 360° virtual tour bareng Bob. Selain itu, SentraBerita.com juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka berfoto. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di SentraBerita.com dan lupakan stres untuk sejenak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *