Awas Panas! Kapal Selam China Terdeteksi di Perairan Jepang

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Kementerian Pertahanan Jepang menyampaikan sebuah kapal selam yang diyakini berasal dari China nampak di perairan dekat pulau-pulau selatan Negeri Sakura, Minggu (12/9/2021). Peristiwa itu terjadi di tengah ketegangan maritim yang masih berlanjut di Pasifik.

Mengutip dari Reuters, Angkatan Laut Jepang mengidentifikasi sebuah kapal selam yang berlayar ke Barat Laut di luar perairan dekat pulau Amami Oshima. Padahal, pulau tersebut merupakan bagian dari prefektur Kagoshima. Hal itu disampaikan oleh Kemenhan Jepang dalam sebuah pernyataan. Disebut juga sebuah kapal perusak China nampak di sekitarnya.

Tokyo sudah mengeluhkan banyaknya gangguan oleh kapal-kapal China di perairan teritorialnya dan di dekat pulau-pulau yang disengketakan dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu China kerap menunjukkan reaksi keras kepada kapal-kapal AS yang berlayar melalui wilayah yang disengketakan di Laut China Selatan. Terkait hal ini AS menyebutnya sebagai kebebasan navigasi.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi, yang mengunjungi Vietnam selama perjalanan Asia Tenggara, mengatakan kedua negara harus menahan diri dari tindakan sepihak terkait Laut China Selatan yang dapat memperumit dan memperbesar perselisihan.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan pada hari Sabtu, Pasukan Maritim Jepang mengidentifikasi kapal-kapal itu di zona yang berdekatan, yang berada di luar perairan teritorial di mana kapal-kapal diharuskan mengidentifikasi diri mereka sendiri.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi menyampaikan instruksi kepada stafnya untuk mengumpulkan informasi dan pengawasan.

Kementerian menyebut kapal selam itu terus berada di bawah air ke arah barat di laut dekat Pulau Yokoate. Pejabat di Kedutaan China belum memberikan komentar mengenai hal tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *