ASEAN dan Tiongkok-Jepang-Korea Tingkatkan Kerja Sama Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengungkapkan, negara-negara ASEAN dan tiga negara mitra yakni Tiongkok (RRT), Jepang, dan Republik Korea, sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang ketenagakerjaan. Kesepakatan peningkatan kerja sama ketenagakerjaan negara ASEAN dengan ketiga negara mitra tersebut tertuang dalam pertemuan pejabat senior ASEAN bidang ketenagakerjaan ke-19 atau 19th Senior Labour Officials Meeting Plus Three (SLOM+3).

“Dari diskusi pertemuan SLOM Plus Three tadi, Tiongkok, Jepang, dan Republik Korea sangat terbuka sekali mengenai berbagai kesempatan untuk bekerja sama di bidang ketenagakerjaan,” ujarnya dalam keterangan resminya, Sabtu (11/9).

Delegasi Tiongkok Hezu Ma dalam pertemuan tersebut meminta agar ASEAN tetap memperkuat proyek kerja sama yang sudah berjalan seperti soal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau ASEAN Occupational Safety and Health (ASEAN-OSHNET) di sektor industri.

Penguatan kerja sama lainnya yakni soal pelayanan ketenagakerjaan yang menyangkut pasar kerja global dan kerja sama menghadapi pandemi dalam dunia kerja.

Anwar Sanusi menilai Tiongkok merupakan salah satu negara yang berhasil menangani dan bertahan di masa pandemi, bahkan ekonominya tetap berkembang sangat pesat. “Kita harus belajar dari Tiongkok yang berhasil mengatasi pandemi,” ujarnya.

Sedangkan delegasi Jepang, Hirashima Masakuni menginginkan kerja sama pengembangan kerangka kerja hubungan industrial yang baru, pengurangan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak di bidang pertanian, keterampilan industri untuk fase pertumbuhan inklusif tahap kedua dan peningkatan standar K3 di bidang konstruksi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *