Arti flashback: 12 rekomendasi cerita yang wajib dibaca

  • Whatsapp

Ketika membaca buku, tak jarang ceritanya membuat kamu terkenang masa lalu. Apalagi jika ceritanya menyangkut kisah masa kecil atau cinta pertama. Merindukan perasaan seperti itu? Berikut 12 rekomendasi cerita dengan menghadirkan arti flashback dan akan membuatmu bernostalgia.

Eleanor & Park | Rainbow Rowell

arti flashback
Foto: www.amazon.com

Seolah mengajak kita untuk flashback ke masa-masa remaja, Rainbow Rowell mengajak kita untuk mengikuti kisah dua orang minoritas yang saling jatuh cinta. Sejak awal, Park sering diganggu oleh teman-temannya di sekolah karena memiliki wajah yang imut. Sementara Eleanor, gadis ini tidak percaya diri karena memiliki tubuh yang gemuk.

Meski kehidupan keduanya saling bersebrangan, namun Park mencintai Eleanor yang apa adanya. Begitu pun dengan Eleanor, ia harus menentang perkataan ibunya yang menyatakan bahwa jangan pernah mempercayai laki-laki. Karena bersama Park, Eleanor mampu menemukan kebahagiaan.  

Ready Player One | Ernest Cline

Foto: www.amazon.com

Meski zaman telah modern, namun Wade Watts hanya merasa sepenuhnya hidup ketika ia masuk ke dunia virtual yang dikenal dengan nama OASIS. Ia berniat untuk memberikan seluruh waktunya agar bisa menyelesaikan perburuan OASIS hingga akhir dan mendapatkan Easter egg.

Sayangnya ia tidak sendiri, banyak orang lain yang memiliki keinginan yang sama. Mereka pun akhirnya saling bersaing secara sehat. Menariknya, novel ini bisa membantumu merasakan arti flashback ke masa lalu. Sebab banyak budaya pop era 80-an yang kembali dibahas, serta para pecinta game lawas pun akan bernostalgia dengan adegan game yang ditulis.

Timeline | Michael Crichton

Foto: www.goodreads.com

Beberapa mahasiswa pascasarjana terlibat dalam proyek rahasia yang tengah dilakukan oleh New Mexico, perusahaan yang sedang meneliti mesin waktu. Mereka bertugas untuk menyelamatkan profesor yang terdampar di Prancis pada abad ke-14. Di masa itu, ternyata sedang terjadi perang antara Prancis dan Inggris.

Mau tak mau, mereka pun harus terlibat ke dalam peperangan guna membawa pulang sang profesor. Berkat kejadian ini, para mahasiswa pun sadar bahwa apa yang mereka pelajari selama ini ternyata bermanfaat dan mampu membuat mereka bertahan hidup di abad 14.

The Time Traveler’s Wife | Audrey Niffenegger

Foto: www.goodreads.com

Arti flashback sesungguhnya adalah kilas balik, dengan mengingat atau mengenang sesuatu yang terjadi di masa lalu. Namun bagaimana jika seseorang yang sering menjelajah waktu? Meski terasa aneh, namun Henry memiliki kemampuan untuk melakukan time travel. Ia sering melakukan perjalanan waktu ke masa lalu atau bahkan masa depan secara tiba-tiba.

The Time Machine | H.G. Wells

Foto: www.goodreads.com

Ketika flashback ke masa lalu, tak jarang sebagian orang ingin kembali ke kejadian tersebut. Walau mustahil untuk dilakukan, namun hal ini akan mudah jika kita memiliki mesin waktu. Meski terlihat menyenangkan, akan tetapi bagaimana jika kamu lalu terdampar di sebuah dunia yang jauh berbeda dibanding dengan saat ini?

Novel ini menceritakan tentang penjelajah waktu yang terdampar di sebuah dunia di mana manusia terbagi ke dalam dua ras. Yakni Eloi yang hidup di atas permukaan bumi dan Morlock yang hidup di bagian bawah bumi.

Aku, Meps, dan Beps | Soca Sobhita & Reda Gaudiamo

arti flashback
Foto: www.goodreads.com

Buku bersampul oranye ini akan membawa kita memahami arti flashback, dengan mengingat kejadian-kejadian di masa lampau. Sebab di dalamnya terdapat banyak cerita yang ditulis oleh Soca Sobhita sejak ia masuk sekolah hingga lulus Sekolah Dasar.

Mulai dari sulit makan sayur, hingga paling malas saat disuruh mandi, kejadian-kejadian masa kecil ini akan sangat dekat dan pernah dialami oleh kebanyakan orang. Sehingga kamu pun akan mengenang kembali apa yang pernah kamu lakukan ketika masih kecil.

The Phantom Tollbooth | Norton Juster

Foto: www.goodreads.com

Bagi Milo, hampir semua yang ada di dunia ini merupakan hal yang membosankan dan tidak menarik. Karena hal tersebut, ia lebih sering untuk berada di kamar tanpa melakukan apa pun. Secara tidak sadar, cerita Milo pun akan membuat kita menjadi flashback.

Sebab, tak jarang kita juga pernah mengalami kondisi tersebut, tidak merasa semangat dan bosan dengan kehidupan yang sedang dijalani.

Namun untungnya Milo menemukan sebuah paket berukuran besar yang berisi sebuah pintu ajaib. Berkat hal tersebut, ia bisa melewati banyak petualangan yang menyenangkan.

Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 | Pidi Baiq

arti flashback
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Novel yang dituliskan oleh Pidi Baiq ini menceritakan tentang kisah percintaan dua remaja di masa SMA. Awalnya, Milea tidak peduli dengan Dilan, seorang siswa yang melabeli dirinya sebagai peramal dan sering mengganggunya bahkan hampir setiap hari. Namun lama-kelamaan, Milea mulai penasaran dengan pria tersebut.

Menariknya, penulis mengambil latar belakang tahun 90-an, sehingga membuat jalan ceritanya menjadi lebih romantis. Ketika membaca novel ini, kamu pun akan merasa flashback dan rindu dengan masa-masa sekolah dulu.

Are You There God? It’s Me, Margaret | Judy Blume

arti flashback
Foto: www.amazon.uk

Ketika membaca buku ini, mungkin kamu juga akan merasa pernah mengalaminya dan berpikir bahwa seolah-olah penulis sangat mengetahui isi hatimu.

Baca Juga

buku cerita anak

Menurut Margaret, tidak ada orang lain yang bisa ia ajak bicara. Tidak ada yang ingin memahami masalah-masalah yang ia hadapi. Untuk itu, Margaret terus-menerus mengobrol dengan Tuhan dan berharap mendapatkan jawaban.

Bagi gadis ini, tidak ada yang percaya dengannya, baik itu orang tua maupun teman-temannya. Saat membaca semua keluh kesah Margaret, secara tidak sadar kamu pun mengalami flashback di masa lalu.

Beezus and Ramona | Beverly Clearly

arti flashback
Foto: www.goodreads.com

Ramona merupakan sosok adik perempuan yang unik, sehingga sang kakak Beezus pun harus selalu menjaganya. Pasalnya, Ramona memiliki tingkah yang ajaib. Salah satunya, ia secara diam-diam mengundang 15 anak yang berusia empat tahun untuk menghadiri pesta di rumahnya.

Tak hanya itu, gadis ini juga pernah menggigit (hanya satu kali) setiap apel yang ada di tempat penyimpanan buah. Tidak jarang tingkah Ramona ini membuat Beezus jengkel dan malu.

A Wrinkle in Time | Madeleine L’Engle

Foto: www.goodreads.com

Dengan memakai kacamata tebal, kawat gigi, dan rambutnya yang ikal, sering kali Meg dianggap sebagai anak yang aneh dan bodoh. Tak berhenti sampai di situ, orang-orang juga mulai menggosipkan ayah Meg yang tiba-tiba menghilang. Karena hal tersebut, Meg pun menjadi mudah marah dan kesal.

Namun untungnya ada Charles, anak laki-laki yang mengerti perasaan Meg. Suatu ketika, Meg dan Charles sedang berjalan-jalan ke luar dan bertemu dengan perempuan aneh. Mereka pun diajak melintasi dimensi waktu untuk menyelamatkan ayah Meg.

Tales of a Fourth Grade Nothing | Judy Blume

arti flashback
Foto: www.goodreads.com

Bagi Peter, satu-satunya masalah terbesar di dunia yang ia punya adalah adiknya yang bernama Fudge. Kenapa? Fudge selalu menyebabkan masalah ke mana pun ia pergi, dan biasanya Peter lah yang membereskan kekacauan tersebut.

Novel yang mengangkat cerita masa kecil ini dijamin akan membuatmu mengingat masa lalu yang penuh kenangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *