Apakah yang Harus Dilakukan Setelah Bola Sedikit Dilambungkan dalam Bola Voli?

  • Whatsapp

Melambungkan Bola Voli. (Foto: Volley Mob)
Apakah yang harus dilakukan setelah bola sedikit dilambungkan dalam bola voli? Caranya adalah memukul bola dengan mengayunkan tangan dari bawah ke atas. Teknik dasar ini disebut dengan servis bawah, di mana pemain memukul bola untuk memulai pertandingan bola voli berasal dari bawah bahu.
Teknik ini merupakan hal dasar yang harus dikuasai oleh para pemula, karena gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan. Servis merupakan pukulan sajian pertama untuk membuka pertandingan dalam olahraga ini. Setelah servis dilakukan, maka permainan dimulai untuk saling mencetak skor.
Setelah menguasai servis bawah dalam permainan, kemudian dilanjut dengan melakukan servis atas teknik yang lain. Servis bawah memiliki gerakan yang mirip passing bawah, dengan mengangkat bola voli dari bawah ke atas.

Namun, memiliki langkah utama dan tujuannya yang berbeda. Jika langkah utama servis bawah adalah mengayunkan tangan maka passing bawah adalah menahan dan mengangkat bola ke atas.

Bacaan Lainnya

Sedangkan tujuan servis bawah diberikan kepada tim lawan dan passing bawah memberikan bola ke rekan satu tim sendiri. Sebenarnya, servis dalam permainan bola voli ada dua yaitu.

Apakah yang Harus Dilakukan Setelah Bola Sedikit Dilambungkan dalam Bola Voli?

Servis Bawah Bola Voli. (Foto: BetterAtVolleyball)
Setelah mengetahui apakah yang harus dilakukan setelah bola sedikit dilambungkan dalam permainan bola voli, berikut ini adalah gerakan teknik servis bawah pada game bola voli menurut Kharisma (2021) dalam buku Sport Education:

Seorang server harus berdiri di posisi melakukan service, yang berada di belakang garis lapangan, dengan menghadap ke area lawan. Kemudian posisikan kaki terkuat berada di depan untuk menopang tubuh dan membuat kuda-kuda semakin kuat. Setelah itu, bola dipegang dengan tangan yang lemah untuk melambungkan bola dan persiapkan tangan terkuat untuk memukul bola.

Untuk mendapatkan kekuatan tambahan ketika melakukan servis, tekuk kedua kaki dan titik beratkan tubuh berada di tengah. Perhatikan kaki agar tidak menginjak atau melewati garis lapangan karena akan terjadi hukuman dan poin akan diberikan kepada tim lawan yang kemudian servis dialihkan kepada tim lawan.

Ketika melakukan service, lambungkan bola setinggi 30 cm dari tangan atau setinggi bahu. Kemudian tarik ke belakang tangan yang akan memukul dan ayunkan ke depan untuk memukul bola agar menambah kekuatan dalam melakukan servis. Posisikan kepalan tangan dengan bagian bawah bola voli.

Pada saat yang bersamaan, angkat posisi lutut dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan ayunan tangan. Ketika berkenaan dengan bola, posisi tangan ditegangkan dan pukul bola dengan menggunakan kepalan tangan bagian dalam.

Setelah bola dipukul dan berhasil di servis, segera masuk ke dalam area lapangan untuk menempati posisi dan siap untuk menerima bola yang dikembalikan oleh tim lawan. Bola akan diolah tim lawan dan kemudian dikembalikan dengan serangan yang harus siap ditahan oleh seluruh rekan satu tim.

Prinsip Melakukan Servis Bawah

Dalam memainkan servis bawah, dibutuhkan beberapa hal yang harus diperhatikan agar tata cara meningkatkan kekuatan servis diatas dapat terlaksana, yaitu :

Ketepatan yang dimaksud adalah timing yang dilakukan ketika bola dilambungkan dan ayunan tangan agar dilakukan secara bersamaan agar ketika bola sedikit terjatuh langsung terkena ayunan tangan yang sudah dikuatkan hingga bola mencapai ke area tim lawan.

Ketenangan diri ketika melakukan servis dimaksudkan untuk menjaga kondisi mental agar tidak tergesa-gesa. Karena ketika bola dilambungkan posisi bola harus sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan saat akan memukul.

Jangan sampai terjadi bola terlalu ke depan atau menyamping ketika dilambungkan, karena akan mengurangi kekuatan dan kontrol bola saat melakukan pukulan.

Servis Bola Voli. (Foto: fivb.com)

Kekuatan tangan bermaksud untuk ayunan yang dilakukan untuk memukul bola pada kekuatan maksimal dengan menyesuaikan arah bola ke dalam area tim lawan. Jangan terlalu kuat, karena bola akan keluar dan membuat poin tim lawan bertambah.

Apakah yang harus dilakukan setelah bola sedikit dilambungkan dalam bola voli? Kamu hanya perlu memukul bola dengan melakukan servis bawah, karena dilambungkan setinggi bahu dan hanya bisa dipukul mengayunkan tangan dari bawah ke atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *