Anti Mahal! 5 Olahraga Ini Ampuh Membakar Kalori Saat di Rumah Weekend Ini

  • Whatsapp

Olahraga adalah kebiasaan baik yang penting dilakukan. Tentunya, berolahraga memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Olahraga juga bisa dilakukan dimana saja, yaitu di luar ruangan atau di dalam ruangan, seperti workout di rumah.

Tidak sedikit orang berpikir bahwa untuk berolahraga harus mengeluarkan budget yang menguras kantong, misalnya pergi ke sebuah pusat kebugaran atau membeli alat-alat olahraga dengan harga mahal demi mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk melakukan olahraga ada banyak cara yang bisa dilakukan serta tidak harus mengeluarkan budget lebih. Berikut ini adalah 5 olahraga low budget yang bisa dilakukan di rumah.

Hula hoop





Hula hoop/ sumber: freepik.com

Hula hoop adalah sebuah alat untuk berolahraga yang berukuran lingkaran, dapat diputar di pinggang, leher dan anggota tubuh lainnya. Alat ini biasanya terbuat dari rotan dan plastik, sehingga dapat digunakan oleh anak kecil hingga dewasa. Bermain hula hoop termasuk ke dalam olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah, namun memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Manfaat bermain hulahoop, di antaranya mampu menghilangkan lemak perut, mengecilkan lingkar pinggang, dapat menyehatkan jantung, membakar kalori, dan masih banyak lainnya. Selain menyehatkan, bermain hula hoop juga menyenangkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bermain hula hoop, kamu bisa melakukan olahraga ini setiap hari selama 30 menit. Selamat mencoba!

Skipping




skipping
skipping/ sumber: freepik.com

Skipping atau lompat tali adalah olahraga ringan yang mampu meningkatkan kekuatan tubuh. Olahraga ini menggunakan alat berupa tali yang dikhususkan untuk skipping. Skipping juga bisa dilakukan di rumah, namun tidak kalah menyehatkan.

Manfaat olahraga skipping, yaitu mampu meningkatkan kesehatan jantung, membantu membakar kalori, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan lain-lain. Perlu diingat, untuk berhati-hati jika bermain olahraga ini, agar tidak mengalami cedera kaki. Olahraga skipping bisa dilakukan selama 30 menit.

Senam Aerobik




Aerobics
Aerobics/ sumber: freepik.com

Senam aerobik adalah salah satu jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan alat latihan tertentu. Senam aerobik efektif untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuh, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak manfaat lainnya yang pasti menyehatkan untuk tubuh.

Selain menyehatkan, olahraga ini juga sangat menyenangkan karena kamu bisa berolahraga dengan melihat panduan yang bisa kamu temukan di internet serta video-video senam yang ada di internet pun bisa kamu ikuti. Tidak hanya itu, senam aerobik bisa dilakukan dirumah, sehingga kamu juga dapat mengajak orang-orang di rumah untuk olahraga bersama.

Yoga




Yoga
Yoga/ sumber: freepik.com

Olahraga yang bisa dilakukan di rumah lainnya adalah yoga. Yoga termasuk kedalam jenis olahraga yang ringan, namun memiliki tingkat fokus yang tinggi dan ketahanan mental yang baik. Yoga juga tidak kalah menyehatkan tubuh, bahkan kamu bisa mendapatkan ketenangan jiwa yang lebih baik setelah melakukan yoga.

Adapun manfaat yoga, diantaranya melatih keseimbangan tubuh, mampu membakar  kalori, dapat melenturkan tubuh, mampu membuang racun-racun dalam tubuh, membuat pikiran menjadi rileks, dan sebagainya. Yoga bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah. Olahraga ini hanya membutuhkan matras agar tidak cedera saat melakukan gerakan yoga. Ada banyak gerakan yoga yang bisa kamu ikuti di internet, kamu juga bisa mendegarkan musik-musik relaksasi untuk melengkapi yoga. 

Berlari di Tempat




Running on the spot
Running on the spot/ sumber: freepik.com

Pada dasarnya, jogging adalah olahraga yang mampu menjaga kebugaran tubuh dan membakar kalori. Jogging tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah, namun bisa juga dilakukan di dalam rumah, terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Berlari di tempat atau di rumah bisa menjadi solusi. Lari di tempat mampu memperkuat sendi kaki, efektif membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, dan lain-lain.

Olahraga ini bisa dijadikan sebagai olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah saja. Kamu bisa melakukan olahraga ini setiap hari selama kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(arm2/arm2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *