Ancaman COVID-19 Masih Tinggi, AS Keluarkan Peringatan Perjalanan Level III ke Indonesia

  • Whatsapp

SentraBerita.com, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah merilis pengumuman baru soal revisi rekomendasi perjalanannya. 

Seperti dilansir dari situs web Travel.State.Gov, CDC mendaftarkan Indonesia dalam ‘Level 3’ untuk COVID-19. Ini berarti Indonesia dianggap masih menunjukkan tingkat COVID-19 yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Karenanya CDC menyarankan bagi para wisatawan yang ingin memasuki Indonesia untuk memperhatikan informasi penting soal pencegahan COVID-19. Di antaranya termasuk bahwa pelancong yang ingin datang ke Indonesia sebaiknya harus sudah divaksinasi lengkap.  Sementara bagi pelancong yang belum divaksin dianjurkan untuk menghindari perjalanan tidak penting ke Indonesia. Ini terutama karena pada masa ini, varian COVID-19 masih jadi ancaman. Selain itu, disarankan pula agar pelancong menaati segala peraturan pencegahan COVID-19 di Indonesia, seperti memakai masker hingga menjaga jarak.

“Pastikan Anda sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke Indonesia.

“Pelancong yang tidak divaksinasi harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke Indonesia. Karena situasi di Indonesia saat ini, semua pelancong mungkin berisiko terkena dan menyebarkan varian COVID-19.

“Wisatawan harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 6 kaki dari yang lain,” tulis CDC dalam laman situsnya.

Baca Juga: 47 Penumpang dari New Delhi Positif COVID-19, Hong Kong Blokir Semua Penerbangan dari India

Kendati demikian, Level 3 yang disematkan untuk Indonesia ini sebenarnya merupakan pelonggarakan rekomendasi perjalanan dari CDC. Diketahui, pada Senin (7/6) lalu, CDC  telah melonggarkan rekomendasi perjalanan ke lebih dari 110 negara dan wilayah. Di antara yang diturunkan peringkatnya itu tidak lain adalah Jepang yang akan menyelenggarakan Olimpiade.

Kemudian, dari 110 negara dan teritori itu, ada 61 negara yang diturunkan dari peringkat tertinggi, yakni Level 4 yang menyarankan pemvaksian penuh bagi indidividu yang berkunjung ke sebuah negara. Sementara 50 negara dan wilayah lainnya telah diturunkan ke ‘Level 2’ atau ‘Level 1’, kata juru bicara CDC seperti dikutip dari laporan Reuters. Dengan pembaruan itu jugalah, sekarang, negara-negara seperti Singapura, Israel, Korea Selatan, Islandia, Belize, dan Albania masuk di peringkat terendah untuk risiko COVID-19.

Negara-negara yang sekarang terdaftar di Level 3 di antaranya adalah Prancis, Ekuador, Filipina, Afrika Selatan, Kanada, Meksiko, Rusia, Spanyol, Swiss, Turki, Ukraina, Honduras, Hongaria, Italia, Yordania, Libya, Panama, Polandia, Denmark, Malaysia, dan Indonesia.

Selain itu, CDC juga mengatakan merevisi peringkatnya untuk Amerika Serikat dari ‘Level 4’ menjadi ‘Level 3′. CDC mengatakan perubahan itu terjadi setelah merevisi kriteria pemberitahuan kesehatan perjalanan. CDC juga menambahkan bahwa sekarang, banyak negara memiliki peringkat lebih rendah karena kriteria berubah atau karena pandemi di wilayah mereka kini lebih terkontrol’.

Dalam pesannya, CDC pun berharap akan ada lebih banyak negara yang mendapatkan peringkat perjalanan yang lebih rendah ke depannya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *