Alasan Orang Tua Memilih Gadget Tablet untuk Belajar dan Main Anaknya

  • Whatsapp

Jakarta

Bacaan Lainnya

Smartphone hingga gadget tablet menjadi kebutuhan penting untuk anak di masa pandemi ini. Bukan cuma untuk main games, tapi juga bisa sebagai media belajar daring, Bunda.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, smartphone dan tablet lebih lebih banyak digunakan anak-anak dibandingkan akses internet atau penggunaan komputer.

Penggunaan smartphone dan tablet paling tinggi pada anak usia 5 sampai 6 tahun, yakni hampir 50 persen. Sementara pada anak usia 1 sampai 4 tahun, hampir 30 persen menggunakan kedua teknologi ini. Dari data juga ditemukan bahwa ada sedikit anak usia di bawah 1 tahun yang menggunakan smartphone dan tablet.

Menurut Country Head Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia, Patrick Ru, setiap orang tua memiliki persepsi masing-masing dalam memberikan gadget pada anaknya. Sebanyak 76 persen orang tua mengizinkan anaknya mengakses smartphone dengan pengawasan.

“Sebanyak 45 persen orang tua khawatir anaknya akan kecanduan gadget,” kata Patrick Ru, dalam acara Huawei Kids Tablet Workshop via Zoom, Selasa (8/6/21).

Sementara itu, ada 38 persen orang tua yang memutuskan tidak memberikan gadget, meski dia mengakui sulit untuk tidak menggunakannya untuk kepentingan diri sendiri.

Data juga menunjukkan bahwa 18 persen orang tua tidak mengizinkan anaknya main gadget hanya untuk menenangkan anaknya saja. Sedangkan 7 persennya mengizinkan sang buah hati memiliki akun media sosial.

Teknologi gadget tablet untuk anak ternyata lebih populer dibandingkan smartphone. Simak alasannya di halaman berikutnya ya.

Simak juga tips belajar online efektif selama di rumah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *