Ajak Sukseskan Presidensi G20 2022, Moeldoko: Jangan Terlalu Sibuk Berpolitik!

  • Whatsapp

SentraBerita.com Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengajak seluruh elemen instansi pemerintah, terutama kementerian/lembaga fokus menyukseskan Presidensi G-20 Indonesia 2022. 

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh elemen pemerintah untuk tidak terlalu sibuk bermanuver demi kepentingan politik.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut ia sampaikan dalam forum tematik Bakohumas Menuju Presidensi G20 Indonesia 2022 yang disiarkan langung melalui kanal YouTube Kominfo, Jakarta, Selasa (23/11/2021). 

“Sebentar lagi kita akan menghadapi tahun politik 2024. Jangan sampai kita terlalu sibuk bicara politik. Kita harus fokus untuk memperkuat komunikasi publik terkait Presidensi G20 Indonesia ini ke dunia,” kata Moeldoko. 

Moeldoko berharap seluruh kementerian/lembaga bekerja maksimal dan berkolaborasi menyukseskan agenda internasional ini. 

Lebih lanjut, Moeldoko berpendapat keketuaan Indonesia pada G20 jadi sorotan dunia. Hal ini karena Indonesia ditunjuk sebagai negara berkembang yang mengemban Presidensi G-20 pertama. 

“Kita ini Indonesia ditunjuk untuk menjadi Presidensi G20 di tengah-tengah lingkungan negara berkembang dan rentan. Maka pasti banyak sekali harapannya dari kepemimpinan Indonesia,” kata Moeldoko. 

Mantan Panglima TNI itu menegaskan keketuaan Indonesia di G20 tak hanya penting untuk skala nasional, tapi juga menunjukkan pengaruh negara ini dalam perekonomian dunia. 

“Presidensi G20 Indonesia adalah pintu harapan bagi negara berkembang. Namun, di sisi lain, kepemimpinan Indonesia harus bisa memengaruhi 20 negara anggota,” ujarnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *