Ada Lomba Penulisan Artikel Demokrasi Diperingatan Sumpah Pemuda,  Hadiahnya Uang dan Piagam

  • Whatsapp

KUNINGAN (MASS)-KPU Kuningan bakal menggelar mengadakan lomba penulisan artikel demokrasi antar pelajar SMA/SMK/MA dan umum Se-Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini sebagai refleksi dan memperingati sumpah pemuda tahun 2021. Selain itu juga  bagian dari menguatkan konsolidasi demokrasi pasca helatan pemilu serentak 2019 dan pemilihan kepala daerah tahun 2020 ,

Lomba ini dibagi dua kategori, pertama ; kategori pelajar SMA sederajat dan kedua kategori umum ( mahasiswa, pemuda dan karang taruna serta pegiat demokrasi).

Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas Dudung Abdu salam  mengatakan pendidikan politik merupakan program utama yang akan terus di lakukan KPU sebagai penopang rencana pembangunan jangka menengah.

Diharapkan dengan budaya menulis ini banyak ide dan masukan terhadap penguatan demokrasi masyarakat. Adapun tema kegiatan ini adalah Membangun Kesadaran politik Generasi Muda di era pandemic.

Diterangan, kegiatan penulisan ini bertujuan untuk pertama  membangun kesadaran politik siswa sebagai pemilih pemula agar menjadi pemilih yang berdaulat.

Kedua untuk  mengedukasi siswa dalam memfilter informasi, sehingga siswa tidak mudah termakan isu hoaks terkait kepemiluan. Sedangkan  ketiga menghindarkan siswa sebagai pemilih pemula pada praktik politik uang yang sering terjadi menjelang Pemilu dan Pemilihan.

“Serta membudayakan literasi di tingkat pemilih pemula sebagai bagian dari masyarakat demokrasi. Juknis dan persyaratan bisa diunduh di https://bit.ly/JuknisPersyaratanLombaKPUKNG2021,” jelasnya.

Pria yang sebelumnya menjadi dosen itu,  mengaku, beberapa tahapan telah disiapkan panitia diantaranya, pengumpulan berkas sedang berjalan saat ini dan akan selesai pada tanggal 22 Oktober.

Selanjutnya   bisa dikirim ke email : panitialomba.kpukng@gmail.com, kemudian penilaian dan pleno oleh dewan juri tanggal 26 Oktober dan puncaknya pengumuman pemenang lomba akan di umumkan pada hari sumpah pemuda 28 Oktober 2021.

“Kami mengajak kepada pelajar SMA/SMK/MA, aktifis kepemudaan, Karang Taruna, Mahasiswa dan pegiat demokrasi untuk ikut serta mengirimkan naskah artikelnya sehingga ide-ide konstruktif dan inovatif dapat menguatkan iklim demokrasi di kabupaten Kuningan,” terang Dudung.

Terkait hadiah, Dudung mengaku, ada uang pembianna dan piagam bagi tiga orang pemenang.  Diharapkan semua ikut karena bisa mengasah kemampuan. (agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *