8 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Keluarga

  • Whatsapp

Ilustrasi daun jambu biji untuk kesehatan keluarga. Foto: Shutter Stock
Jambu biji digolongkan sebagai super food karena kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan keluarga. Selain buahnya, ternyata daun jambu biji juga menyimpan banyak kandungan nutrisi baik di dalamnya.

Ya Moms, daun jambu biji juga kaya akan vitamin C, antioksidan, antibakteri dan anti inflamasi. Semua kandungan ini baik untuk kesehatan keluarga. Anda bisa mendapatkan manfaat dari daun jambu biji dengan mengkonsumsi teh atau air rebusannya.

Dikutip dari Parenting Healthy Babies, berikut ini 8 manfaat baik daun jambu biji untuk kesehatan keluarga yang perlu Anda ketahui.

Deretan Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Keluarga

Ilustrasi teh daun jambu biji Foto: Shutter Stock

Teh daun jambu biji terdiri dari senyawa yang menghambat penyerapan dua jenis gula, yaitu sukrosa dan maltosa. Ini dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dengan demikian, daun jambu biji juga berperan dalam mencegah serta mengobati diabetes.

Daun jambu biji dianggap bermanfaat dalam mengobati jerawat dan flek hitam, yang berdampak buruk pada kondisi kulit. Sebab, sifat antiseptik daun jambu biji mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Menumbuk beberapa helai daun jambu biji dan mengaplikasikan di area jerawat akan menyembuhkan peradangan dan mencegah timbulnya bekas kehitaman.

3. Mengobati luka dan infeksi

Sifat antibakteri daun jambu biji dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada luka. Daun jambu biji dapat diaplikasikan pada semua jenis luka luar, Moms.

Ilustrasi daun jambu biji Foto: Shutter Stock

Manfaat selanjutnya dari daun jambu biji adalah mampu mengobati diare. Anda bisa merebus beberapa helai daun jambu biji dan segenggam tepung beras dalam 1-2 gelas air. Minum ramuan ini minimal dua kali sehari secara rutin untuk mengurangi frekuensi buang air besar.

5. Mengobati penyakit mulut

Khasiat anti-inflamasi daun jambu biji bisa meredakan sakit gigi, sariawan, menyembuhkan gusi hingga sakit tenggorokan. Daun jambu biji mengandung zat antibakteri yang dapat melindungi gigi dan gusi. Itulah sebabnya daun jambu biji kerap digunakan sebagai bahan pasta gigi dan penyegar mulut.

6. Mengobati demam berdarah

Daun jambu biji dianggap sebagai obat alami untuk mengobati demam berdarah. Mengonsumsi air rebusan daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah yang menurun selama demam berdarah. Rebuslah 9-10 helai daun jambu biji dalam 5 gelas air hingga air menyusut. Kemudian minum ini setidaknya 2-3 kali sehari.

Daun jambu biji kaya akan vitamin C dan zat besi yang bisa membantu meredakan batuk dan pilek. Rebusan daun jambu biji membantu menghilangkan lendir, mendisinfeksi tenggorokan, saluran pernapasan, dan paru-paru.

8. Melancarkan pencernaan

Daun jambu biji merangsang produksi enzim yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Sifat antibakteri juga dapat melawan bakteri di usus dan menghentikan proliferasi enzim beracun. Selain itu, daun jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati keracunan makanan serta meredakan mual dan muntah.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *