5 Tanda Kanker Payudara Ini Wajib Kamu Pahami Sejak Dini

  • Whatsapp

Kanker payudara bisa mengenai siapa saja. Oleh karena itu, berusahalah untuk selalu menjaga kesehatan.

Banyak perempuan Indonesia tidak menyadari gejala dan betapa bahayanya penyakit ini. Well, itulah kenapa kita perlu melakukan deteksi dini sejak sekarang, demi kenyamanan dan keamanan dirimu sendiri. Perlu kamu tahu, ini dia 5 pertanda kanker payudara. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Warna Kulit Payudara Berubah




tanda kanker payudara
tanda kanker payudara/Foto:unsplash.com/@ang10ze

Beauties, perlu kamu tahu bahwa kanker bisa menyerang payudara yang sehat. Bila hal ini terjadi, maka lambat laun warna kulit payudara berubah dengan sendirinya. Sayang banget masih banyak yang nggak aware dengan kondisi yang satu ini, lho! Kalau kamu mengalaminya, sebaiknya segera cek dan tekan bagian di sekitar payudara, apakah menebal dan berwarna kuning. 

2. Munculnya Cairan Pada Area Payudara

Bila seorang perempuan yang sedang tidak menyusui namun dari payudaranya keluar cairan bening, sebaiknya memang harus segera memeriksakan ke dokter. Memang tidak semua kondisi ini diartikan sebagai gejala kanker payudara. Namun, demi kenyamanan, sudah sebaiknya Beauties memeriksakan kondisi ini sedini mungkin.

3. Ukuran Payudara Tidak Sama




ukuran payudaraukuran payudara/ Foto: Izzul Millati Umami

Sangatlah normal ketika seorang wanita memiliki ukuran payudara yang nggak selalu sama antara kanan dan kiri. Namun, ketika kanker menyerang, perbedaan ukurannya akan sangat jelas terlihat. Bengkaknya payudara karena kanker bisa berbeda sampai dua kali ukuran. So, tetap waspada dan jaga kesehatan ya, Beauties!

4. Terdapat Benjolan

Tentu saja, gejala kanker payudara sangat bisa dilihat dari adanya benjolan di area terentu. Kanker payudara pun akan memunculkan benjolan kecil yang semakin meluas bila dibiarkan. Beauties harus waspada karena gejala benjolan ini tidak akan terasa bila nggak disentuh secara langsung. 

5. Payudara Terasa Sangat Sakit




muncul cairan area payudarapayudara terasa sakit/ Foto: Izzul Millati Umami

Memang perlu pengetahuan yang baik untuk membedakan antara rasa nyeri kanker payudara dan gejala menstruasi. Mereka yang terkena kanker payudara biasanya merasakan rasa terbakar pada area dalam puting. Meski begitu, ada juga gejala kanker yang nggak terasa sama sekali, loh. So, kamu tetap wajib periksa ke dokter untuk mengetahuinya. 

Beauties, itu dia tanda seseorang mengalami kanker payudara. Jangan sampai diabaikan begitu saja ya!

(ria/ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *