5 Rahasia di Balik Kontrak Baru Lionel Messi dengan Barcelona

  • Whatsapp

Pemain Barcelona Lionel Messi menendang penalti ke arah gawang Paris Saint-Germain pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Paris, Prancis. Foto: Gonzalo Fuentes/REUTERS
Usai kontraknya berakhir dengan Barcelona per 30 Juni lalu, nasib Lionel Messi mulai menemukan jalan terang. Menurut laporan, pemain terbaik dunia itu telah memperpanjang kontrak dengan Blaugrana, Kamis (15/7) waktu setempat.

Hingga hari ini, Barcelona dan Messi masih belum mengumumkan secara resmi kontrak baru tersebut. Terlepas dari itu, beredar beberapa rahasia tentang kontrak anyar La Pulga tersebut.

Dilansir Marca, berikut 5 rahasia di balik kontrak baru Lionel Messi dengan Barcelona.

Pemain FC Barcelona Lionel Messi beraksi saat melawan Real Valladolid di Estadio Jose Zorrilla, Valladolid, Spanyol, Selasa (22/12/2020). Foto: Juan Medina/REUTERS

Kontrak baru sang mega bintang akan berlangsung selama lima tahun hingga 2026. Namun, mengingat usia Messi yang sudah menginjak 34 tahun, hal itu sangat sulit dipenuhinya hingga usai.

Ia bisa bermain selama dua musim di Barca dan menghabiskan sisa kontraknya untuk bermain di klub MLS tetapi tetap digaji Barcelona.

Kontrak Messi sebelumnya bernilai lebih dari 500 juta euro (sekitar Rp 8,5 triliun) dan merupakan yang paling besar dalam sejarah olahraga profesional. Namun, hal ini mungkin tidak terjadi di kontrak anyarnya lantaran Barcelona masih dalam keadaan keuangan yang sulit.

Menurut laporan, gaji Messi akan dipotong 50 persen dari sebelumnya. Ini akan jadi keuntungan bagi Barcelona lantaran Messi memiliki pengaruh besar bagi klub maupun ke beberapa pemain muda Blaugrana.

3. Peraturan finansial Liga Spanyol

Lionel Messi di laga Barcelona vs Valladolid. Foto: Albert Gea/Reuters

Pemotongan gaji Messi belum cukup bagi Barcelona lolos dari kontrol ekonomi Liga Spanyol. Klub perlu mendaftarkan Messi dan rekrutan anyarnya Memphis Depay, Sergio Aguero dan Eric Garcia untuk memenuhi syarat pengeluaran klub.

Barcelona harus menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran klub untuk terhindar dari pelanggaran finansial. Dengan itu, Blaugrana harus menjual beberapa pemainnya sebelum bisa mendaftarkan Messi dan pemain anyar lainnya.

4. Menjual sejumlah pemain

Barcelona telah meminjamkan beberapa pemainnya, seperti Trincao, Junior Firpo, Konrad de la Fuente, Jean-Clair Todibo dan Carles Alena untuk mengurangi beban gaji. Namun, itu saja tidak cukup dan Blaugrana harus melepas sejumlah pemain lagi.

Untuk menyiapkan ruang kosong untuk kontrak Messi, Barcelona telah menyiap sejumlah nama bintang untuk dijual pada bursa transfer musim panas ini, Samuel Umtiti, Philippe Coutinho, Miralem Pjanic, dan Antoine Griezmann yang akan ditukar dengan Saul Niguez.

Pemain Barcelona Lionel Messi berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Paris St Germain di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Selasa (16/2). Foto: Albert Gea/REUTERS

Selain kontrak Messi, Barcelona juga harus menjaga kontrak sponsor mereka. Kondisi Messi yang belum pasti adalah hal yang tidak disukai oleh para sponsor Blaugrana. Bukan tanpa sebab, Messi menjadi ikon terbesar Barcelona memiliki dampak bagi promosi para sponsor.

Mereka menginginkan kontrak Messi segera ditandatangani sebelum mereka bisa memperpanjang kontrak dengan Barcelona di musim depan.

Penulis: Thontowi Wallace

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *