5 Negara dengan Kinerja Polisi Terbaik di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

  • Whatsapp

SentraBerita.com, Belakangan ini, institusi kepolisian Indonesia sedang disorot masyarakat. Masalah ini bermula dari dugaan pemerkosaan 3 anak di Luwu Timur oleh ayahnya sendiri, tetapi penanganan kasus ini oleh polisi membuat warganet geram. Tagar ‘Percuma Lapor Polisi’ pun langsung ramai di media sosial dan banyak yang membagikan pengalaman pribadinya yang mengecewakan saat berurusan dengan polisi.

Institusi penegak hukum ini memang bertanggung jawab atas keamanan masyarakat serta bertugas mencegah dan mengatasi kriminalitas. Namun, tak semua kepolisian di dunia mengecewakan. Sejumlah negara terbukti punya kepolisian berkinerja baik, menurut laporan World Internal Security & Police Index. Lantas, kepolisian Indonesia berada di urutan berapa?

Berdasarkan World Internal Security & Police Index, ini 5 negara dengan kinerja kepolisian terbaik di dunia.

1. Singapura

5 Negara dengan Kinerja Polisi Terbaik di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa - Foto 1
MalaysiaGazette

Tetangga Indonesia ini merupakan salah satu negara dengan tingkat kejahatan terendah di dunia. Hanya 1 persen responden mengaku telah diserang atau dirampok di tahun sebelumnya. Sebanyak 91 persen warganya pun merasa aman berjalan sendirian di malam hari.

Rendahnya tingkat kejahatan ini sesuai dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi pada polisi. Sebanyak 93 persen responden mengaku percaya kepada kepolisian setempat.

Sayangnya, tingkat pembayaran suap kepada polisi di negara ini paling tinggi di antara negara lainnya yang masuk jajaran 5 besar. Sebanyak 8 persen responden di Singapura mengaku membayar suap kepada petugas polisi di tahun sebelumnya, dibandingkan 1 persen di Denmark dan Finlandia serta 2 persen di Jerman dan 4 persen di Austria.

2. Finlandia

5 Negara dengan Kinerja Polisi Terbaik di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa - Foto 2
Twitter/thisisFINLAND

Tingkat korupsi kepolisian di negara Nordik ini merupakan terendah ke-5, sedangkan skor indikator efektivitasnya menjadi yang terbaik, tingkat pembayaran suap ke polisi menjadi yang terendah ke-3, dan tingkat kasus yang tidak dilaporkan merupakan yang terendah ke-5. Tak heran, warga negara maupun para pakar sangat mempercayai polisi Finlandia.

Sebanyak 85 persen responden Finlandia mengaku percaya pada polisi daerah mereka. Para polisi dan pejabat militer pun tak memanfaatkan jabatan publiknya demi keuntungan pribadi.

Namun, kapasitas penyedia keamanannya di bawah rata-rata lantaran ukuran kepolisiannya kecil. Hanya ada 149 petugas polisi per 100 ribu penduduk. Industri keamanan swastanya juga relatif kecil, meski militernya punya lebih banyak personel daripada rata-rata indeks.

3. Denmark

5 Negara dengan Kinerja Polisi Terbaik di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa - Foto 3
Wikipedia

Serupa dengan Finlandia, ukuran kepolisian di Denmark merupakan salah satu yang terkecil di dunia dengan 192 petugas per 100 ribu orang. Namun, tingkat angkatan bersenjatanya relatif tinggi dengan 301 personel per 100 ribu penduduk.

Tingkat korupsinya pun terendah di dunia, menurut indikator Pengendalian Korupsi Bank Dunia, sedangkan tingkat supanya kepada polisi terendah ke-3 di dunia, menurut Barometer Korupsi Global Transparansi Internasional.

Tak heran, warga Denmark tak ragu untuk melaporkan pencurian ke polisi, sehingga tingkat kasus yang tidak dilaporkan menjadi yang terendah ke-3 di dunia. Terlebih lagi, polisi dan militer di negara ini menjadi yang paling kecil kemungkinannya untuk menyalahgunakan posisi publik mereka untuk keuntungan pribadi.

Sayangnya, tingkat kepercayaan masyarakat pada polisi ternyata tak setinggi itu. Hanya 77 persen responden Denmark mengaku percaya pada kepolisian setempat. Meski di atas rata-rata, angka ini menempati peringkat ke-27 dalam indeks.

4. Austria

5 Negara dengan Kinerja Polisi Terbaik di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa - Foto 4
Daily Sabah

Negara ini dijaga 328 petugas polisi per 100 ribu penduduk, kedua terbanyak setelah Singapura di antara 5 negara teratas. Namun, militernya lebih kecil dari rata-rata indeks, dengan 270 personel militer per 100 ribu orang.

Sementara itu, tingkat kekerasan oleh negara terhadap warganya sangat rendah. Selain itu, hanya 4 persen responden Austria melaporkan membayar suap kepada petugas polisi di tahun sebelumnya.

Tingkat kepercayaan pada penegak hukum pun mencapai 86 persen. Namun, tingkat korupsinya menempati peringkat ke-18 dalam indikator Pengendalian Korupsi Bank Dunia.

5. Jerman

5 Negara dengan Kinerja Polisi Terbaik di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa - Foto 5
Deutsche Welle

Negara ini punya sistem kepolisian dan peradilan yang paling tidak efektif di antara jajaran 5 negara teratas. Meksi begitu, pembayaran suap kepada polisi sangat jarang dengan hanya 2 persen responden melakukannya. Warga Jerman juga tak segan melaporkan kejahatan kepada polisi, sehingga tingkat kasus yang tak dilaporkan paling rendah dibandingkan 4 negara di atas.

Terlebih lagi, tingkat kepercayaan warga pada pasukan keamanan cukup tinggi. Sebanyak 82 persen orang Jerman merasa yakin pada polisi setempat.

Namun, tingkat kejahatan dengan kekerasannya setara dengan rata-rata Eropa. Empat persen warga melaporkan telah dirampok atau diserang di tahun sebelumnya. Tingkat kejahatan dengan kekerasan ini tercermin dalam persepsi publik terhadap keamanan, dengan 25 persen warga Jerman tak merasa aman berjalan di malam hari.

Sementara itu, Indonesia menempati peringkat ke-84 dari 127 negara yang dinilai. Angka ini termasuk urutan menengah ke bawah. Ditambah dengan ramainya tagar ‘Percuma Lapor Polisi’, sudah sepatutnya lembaga penegak hukum ini melakukan evaluasi besar-besaran dan mulai mereformasi sistem agar kinerjanya semakin lebih baik. Bagaimanapun juga, polisi bertanggung jawab atas keamanan rakyat, bukan malah meresahkan masyarakat akibat ulah oknum. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *