5 Aplikasi smartphone untuk bantu jaga kesehatan mental

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Pada 10 Oktober silam adalah acara peringatan Hari Kesehatan Jiwa Se-dunia (HKJS). Menurut hasil penelitian dari Kementerian Kesehatan, Indonesia mengalami peningkatan angka kasus gangguan jiwa dan depresi hingga 6,5 persen.

“Dampak pandemi, angka gangguan mental dan depresi mengalami peningkatan mencapai 6,5 persen secara nasional,” ujar Plt. Dirjen P2P Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, saat acara peringatan Hari Kesehatan Jiwa Se-dunia (HKJS) 2021 di Aula Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (10/10).

Mengingat hal tersebut, teknologi telah mengembangkan sederet aplikasi yang dikhususkan untuk memantau kesehatan mental. Harapannya, aplikasi ini akan membantu sejumlah masyarakat tanah air yang mengalami depresi agar dapat mengontrol kesehatan mental mereka.

Dirangkum SentraBerita.com dari berbagai sumber pada Minggu (24/10), berikut 5 aplikasi smartphone yang bisa membantu memantau kesehatan jiwa.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Riliv


foto: Play Store

Didampingi sederet psikolog profesional dan mahasiswa jurusan psikologi, Riliv adalah aplikasi karya anak bangsa yang menyediakan fasilitas konsultasi kesehatan mental. Konsultan yang terdaftar dalam aplikasi ini siap menjadi teman curhat, tepatnya sebagai pendengar dari masalah yang diceritakan. Selebihnya untuk mendapatkan solusi dari psikolog profesional terkait bidangnya, pengguna harus berlangganan versi premium dari aplikasi Riliv.

2. What’s Up?

GADGET - Bantu cegah depresi, ini 5 aplikasi smartphone untuk memantau kesehatan mental © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi What’s Up? juga bisa jadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengontrol kesehatan mental. Aplikasi berwarna merah ini diciptakan untuk mereka yang ingin melacak pikiran, perasaan, hingga hal keseharian dalam hidup.

Tak hanya itu, What’s Up juga difasilitasi hal-hal untuk membangkitkan hidup seperti memandu pola berpikir, mencatat pikiran dan perasaan dalam buku diary, melacak kebiasaan baik maupun buruk, hingga menyajikan quotes pembangkit semangat.

3. InnerHour Self-Care Therapy

GADGET - Bantu cegah depresi, ini 5 aplikasi smartphone untuk memantau kesehatan mental © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Selain itu, ada aplikasi bernama InnerHour Self-Care Therapy juga menyediakan sederet layanan untuk membuat stabil kesehatan mental. Dipercaya lebih dari satu juta pengguna, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, yakni lebih dari 400 kegiatan perawatan diri untuk mengelola depresi atau stress, fasilitas untuk penggunanya mendapat space untuk mengekspresikan diri, hingga menanam rasa bersyukur dalam hidup. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store dan App Store.

4. Mindshift

GADGET - Bantu cegah depresi, ini 5 aplikasi smartphone untuk memantau kesehatan mental © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Mindshift merupakan aplikasi pemandu berdasarkan terapi perilaku kognitif (CBT) untuk penggunanya mengatasi rasa cemas. Berbagai hal positif yang disediakan oleh aplikasi ini termasuk mengembangkan pengetahuan penggunanya mengenai kecemasan dan gejalanya, terlibat aktif dalam teknik-teknik relaksasi, mengevaluasi tingkat kecemasan dalam situasi tertentu, mengembangkan pola pikir berdasarkan realita, serta mengubah perilaku negatif.

5. Operation Reach Out

GADGET - Bantu cegah depresi, ini 5 aplikasi smartphone untuk memantau kesehatan mental © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Diciptakan untuk menangani depresi dan PTSD pada kaum veteran militer, Operation Reach Out adalah aplikasi bebas biaya yang dapat membantu mencegah depresi. Menyediakan dengan 2 pilihan layanan, pengguna dapat memilih untuk dapat mengakses video untuk mencegah mereka yang hendak melakukan hal buruk seperti bunuh diri ataupun hanya teks untuk mendapat dorongan motivasi hidup.

(brl/gib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *