30 Tahun Tertimbun Pasir, Desa di Oman Ini Perlahan Muncul Kembali – SentraBerita.com

  • Whatsapp

Kejadian unik sekaligus langka dialami sebuah desa di Oman. Peristiwa ini sontak menarik perhatian warga desa dan juga wisatawan. Nama desa tersebut adalah Desa Wadi Al-Murr, yang terletak sekitar 400 km barat daya dari Kota Muscat, ibukota Oman.

Bagaimana tidak bikin heboh, pasalnya Desa Wadi Al-Murr sempat tertimbun oleh gunungan pasir kemudian muncul kembali. Lokasi desa tersebut memang berada di sekitar gurun pasir yang cukup luas. Penasaran mengapa hal ini bisa terjadi? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Mengenal Desa Wadi Al-Murr

Berbeda dengan kota-kota besar lainnya di Oman, Desa Wadi Al-Murr merupakan desa yang jauh dari peradaban modern. Bisa dibilang tertinggal jauh dari kota-kota lainnya. Jangankan untuk akses internet, untuk mendapatkan jaringan listrik dan air saja susah.

Penampakan Desa Wadi Al-Murr yang tertimbun pasir [sumber gambar]

Sebelum tertimbun pasir, desa ini dihuni oleh sekitar 150 orang dengan tempat tinggal hanya berjumlah 30 rumah saja.  Sebuah masjid menjadi satu-satunya bangunan yang sangat mencolok di desa tersebut.

Alasan Desa Wadi Al-Murr bisa tertimbun pasir

Info yang diutarakan tetua setempat, bahwa Desa Wadi Al-Murr tertimbun ditelan pasir sekitar 30 tahun lalu. Seluruh penduduknya terpaksa meninggalkan tempat tinggal mereka untuk mengungsi ke kota-kota di sekitarnya.

Penduduk Desa Wadi Al-Murr [sumber gambar]

Perubahan iklim telah menyebabkan pergerakan gurun pasir yang meluas ke seluruh dunia. Kekuatan alam telah menutup seluruh rumah bangunan oleh gunungan pasir. Setelahnya, Desa Wadi Al-Murr hanya menyisakan kenangan saja.

Muncul kembali setelah 30 tahun tertimbun pasir

Namun, apa yang terjadi adalah desa tersebut perlahan kembali terlihat. Pergerakan bukit pasir telah membuka kembali beberapa tempat tinggal setelah sekian lama tertimbun pasir. Hal yang menakjubkan yaitu bangunan-bangunan di sana bisa bertahan dari serangan pasir.

Bangunan masih utuh meski tertimbun pasir selama puluhan tahun [sumber gambar]

Fenomena munculnya kembali Desa Wadi Al-Murr membuat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Penduduk desa tersebut pun kembali lagi untuk melihat bangunan yang telah mereka tinggalkan. Sambil meneteskan air mata, mereka mengenang kampung halamannya.

Jadi objek wisata dadakan

Peristiwa unik ini mengundang rasa penasaran banyak orang. Tidak hanya dari tetangga desa saja, melainkan ada juga wisatawan yang rela berkunjung ke Desa Wadi Al-Murr. Padahal jarak keduanya mencapai ratusan kilometer.

Desa Wadi Al-Murr jadi objek wisata dadakan [sumber gambar]

Contohnya Rashed al-Ameri bersama temannya rela menempuh jarak ratusan kilometer, hanya untuk melihat desa yang tertimbun pasir tersebut. Ditambah dengan pemandangan unik beberapa bangunan yang masih tertutupi oleh pasir. Desa Wadi Al-Murr didaulat menjadi kunjungan wisata yang menarik di Oman.

BACA JUGA: Curon, Desa yang Muncul Lagi ke Permukaan Setelah Terendam di Bawah Danau Selama 70 Tahun

Fenomena ‘hilang sementara’ sebuah desa atau kota, tidak hanya menimpa Desa Wadi Al-Murr saja, akan tetapi beberapa kota atau desa lainnya di belahan dunia lainnya juga pernah mengalami. Contohnya saja Desa Curon, yang terendam air danau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *