3 Upaya Agar Budaya Daerah Tidak Tergantikan dengan Budaya Luar Negeri

  • Whatsapp

Ilustrasi upaya agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri. Sumber: Unsplash
Kekayaan budaya Indonesia merupakan identitas diri atau ciri khas bangsa yang harus selalu dilindungi dan dilestarikan keberadaannya. Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini, seluruh rakyat Indonesia wajib menjaga serta melestarikan budaya aslinya agar tidak punah tergerus zaman ataupun tersisihkan karena masuknya kebudayaan dari negara asing. Lalu pertanyaannya, apa saja bentuk upaya agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang bisa masyarakat Indonesia saat ini?

3 Upaya Agar Budaya Daerah Tidak Tergantikan dengan Budaya Luar Negeri

Mengutip dari jurnal Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi, Hildigardis (2019) melalui laman ejournal.unib.ac.id (diakses pada 18/8/21), pelestarian budaya merupakan salah satu upaya agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri, yakni dengan cara mempertahankan nilai-nilai seni budaya ataupun dengan mengembangkannya menjadi lebih dinamis dan sesuai dengan kondisi zaman.
sumber foto: https://unsplash.com/
Secara umum upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan Culture Experience atau terjun langsung untuk mengenal dan mempelajari kebudayaan tersebut agar bisa diwariskan ke generasi selanjutnya, ataupun lewat Culture Knowledge, yakni dengan mengkaji informasi tentang kebudayaan tersebut kemudian membagikannya sebagai bahan edukasi kepada orang lain misalnya dengan mengenalkan kebudayaan daerah lewat media sosial dan sebagainya.

Berdarkan bentuk upaya melestarikan budaya lewat Culture Experience dan Culture Knowledge tadi, berikut ini adalah contoh upaya agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang dapat diterapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk pertahankan identitas bangsanya:

  1. Mengenal dan mempelajari kebudayaan daerah secara langsung agar bisa diwariskan ke generasi berikutnya

  2. Memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke mata dunia lewat berbagai cara, misalnya dibagikan ke media sosial

  3. Jadikan budaya bangsa Indonesia sebagai identitas diri dan selektif terhadap budaya negara asing

Demikianlah 3 bentuk upaya agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang perlu masyarakat terapkan untuk pertahankan nilai-nilai budaya khas bangsa Indonesia. (HAI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *