3 Keutamaan Surat Al Mulk yang Menakjubkan: Baca Rutin Bisa Terbebas dari Siksa Kubur

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Apapun surat dalam Al Quran yang kita baca, semua tentu memiliki khasiat yang luar biasa yang akan menjadi pelindung kita dihari akhir nanti. Dan selalu ada keistimewaan, kelebihan, fadhilah masing-masing, termasuk Surat Al Mulk yang terdiri dari 30 ayat. Apabila kita membaca Surat Al Mulk secara istiqomah, niscaya di alam kubur kita dibebaskan dari siksa kubur, dan tidak akan disulitkan dengan pengadilan kubur. Lantas, apa keutamaan Surat Al Mulk?

Bacaan Lainnya

Keutamaan Surat Al Mulk perlu diketahui seluruh umat muslim karena memiliki fadhillah yang sangat menakjubkan. Siapa yang membacanya niscaya ia termasuk orang yang beruntung. Surat Al Mulk (Kerajaan) adalah salah satu surat yang agung dalam Al Quran. Surah ke 67 ini masuk dalam golongan surah Makkiyah karena diturunkan di Makkah.

Berikut ini adalah 3 keutamaan Surat Al Mulk sebagaimana disebut Rasulullah SAW dalam Hadis berikut:

1. Memberi Syafa’at (Penolong) Bagi Pembacanya

Baca Juga:
Surah An Nahl: Ketahui Keutamaan dan Manfaat Membacanya Secara Rutin

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam satu hadis:  “Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW: ‘Sungguh surah di dalam Al-Qur’an yang ayatnya ada 30 dapat memberikan syafa’at untuk yang membacanya, ia diampuni, yakni surah Tabarakalladzi biyadihil mulku”,  (HR Ahmad, Abu Daud, At-Timidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

2. Penyelamat dari Siksa Kubur

Keutamaan yang kedua disebut oleh Rasulullah SAW dalam hadis berikut: “Dari Ibnu Abbas tentang penamaan Surah Al-Mulk dengan nama Al-Waqiyah dan Al-Munjiyat, Rasulullah SAW bersabda, “Surah Al-Mulk adalah surah pencegah, ia adalah surah penyelamat yang dapat menyelamatkan (pembacanya) dari adzab kubur”, (HR At-Tirmidzi).

3. Memperoleh Banyak Manfaat dan Kebaikan

Imam Muhammad Al Baqir berkata sebagai berikut: “Surat Al Mulk adalah penghalang dari siksa kubur, surat ini termaktub di dalam Taurat. Barangsiapa yang membacanya di malam hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan. Sungguh aku membacanya dalam salat sunnah sesudah Isya dalam keadaan duduk. Ayahku membacanya pada siang dan malam. Barangsiapa yang membacanya, maka ketika Malaikat Munkar dan Nakir akan masuk ke kuburnya dari arah kedua kakinya, kedua kakinya akan berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini berpijak padaku lalu ia membaca Surat Al Mulk setiap siang dan malam. Ketika mereka datang kepadanya dari rongganya, maka rongganya akan berkata kepada mereka: Kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah menjagaku dengan Surat Al Mulk. Ketika mereka datang kepadanya dari arah lisannya, maka lisannya akan berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah membaca Surat Al Mulk setiap siang dan malam denganku”, (Al-Kafi 2:233).

Baca Juga:
Surat An Naziat Ayat 1-10: Latin, Artinya dan Asbabun Nuzul

Itulah ulasan mengenai keutamaan surat Al Mulk yang menakjubkan. Bacalah dengan rutin agar mendapatkan berbagai keutamaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *