3 Doa Dijauhkan dari Masalah dan Keutamannya, Yuk Panjatkan!

  • Whatsapp

Masalah sering dikaitkan dengan kemampuan seseorang untuk memecahkannya. Tapi jika datang bertubi-tubi, doa dijauhkan dari masalah bisa menjadi penyelamat.

Dengan berdoa, seseorang sesungguhnya tengah meminta pertolongan kepada Allah SWT untuk dapat menangai masalah yang ada, serta tidak mendapatkan lagi masalah serupa di kemudian hari.

Baca Juga: Doa Agar Anak Sukses dan Berhasil, Moms dan Dads Wajib Mengamalkannya!

Doa Dijauhkan dari Masalah

Foto: SentraBerita.com Photo Stock

Memanjatkan doa dijauhkan dari masalah ini bukan hanya menginginkan kenikmatan dunia saja. Karena sebenarnya, memecahkan masalah adalah bagian dari kemampuan yang harus dimiliki oleh semua orang.

Melansir Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara penyesuaian sosial dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Ini hanya satu dari sekian banyak fungsi sebuah masalah dalam kehidupan seseorang.

Meski begitu, doa dijauhkan dari masalah ini cenderung kepada harapan agar minta dikuatkan pundak untuk menghadapinya.

Karena masalah sudah pasti ada dalam kehidupan, yang berbeda adalah kadar berat atau tidak, serta kemampuan seseorang untuk menghadapinya.

Musibah dan masalah, baik lahir maupun batin bisa datang berbeda-beda. Ada yang bisa diatasi lebih cepat, dan ada yang membutuhkan waktu lebih lama untuk selesai.

Doa yang seirama dengan doa dijauhkan dari masalah adalah doa agar mendapat ampunan di dunia dan juga akhirat, serta terbebas dari segala masalah dunia akhirat.

Beberapa doa tersebut yakni:

1. Doa Mendapat Ampunan di Dunia dan Akhirat

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

(Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fid Dun-Yaa Wal Aakhirah. Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fi Diini Wa Dunyaa-Ya Wa Ahlii Wa Maalii.

Allahummas-Tur ‘Au-Raatii Wa Aamin Rau-’Aatii. Allahummah-Fadz-Nii Min Baini Yadayya Wa Min Khalfii Wa ‘An Yamiinii Wa ‘An Syimaalii Wa Min Fauqii. Wa A-’Uudzu Bi ‘Adzmatika An-Ughtaala Min Tahtii)

Artinya: “Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku.

Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”

Baca Juga: 9 Doa Agar Terhindar dari Penyakit, Insya Allah Dikabulkan, Yuk Panjatkan!

2. Doa Meminta Agar Terus Berbuat Baik

“Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a rizqika‘alayya‘inda kibari sinnii wanqithoo’i‘umrii.

Alloohummakfinii bihalaalika‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika‘amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an.

Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.”

Artinya: “Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku.

Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya.

Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

3. Doa Diberikan Keselamatan

“Allaahummaftah ‘alainaa abwaabal khairi wa abwaabal barakati wa abwaaban ni’mati wa abwaabal quwwati wa abwaabashshihhati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannati.

Rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan wa hayyi’ lanaa min amrinaa rasyadaa. bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga.

Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

Baca Juga: 3 Doa Agar Diberi Kecerdasan oleh Allah, Lakukan dengan Khusyuk, Insya Allah Dikabulkan!

Keutamaan Membaca Doa Dijauhkan dari Masalah

doa-agar-cepat-mendapatkan-pekerjaan.jpg

Foto: SentraBerita.com Photo Stock

Selain meminta pertolongan kepada Allah SWT, ada juga manfaat dan keutamaan lain saat seseorang memanjatkan doa dijauhkan dari masalah.

Beberapa hadits di bawah ini menunjukkan bahwa doa tersebut bahkan bisa dibaca setiap hari sebagai bacaan dzikir dan tidak hanya dibaca pada waktu-waktu tertentu saja.

Misalnya hadist dari Ibn Umar RA, yang mengatakan bahwa dirinya mendengar Rasulullah SAW membaca wirid ini ketika pagi dan sore, dan beliau tidak pernah meninggalkannya sampai beliau meninggal dunia: “Allahumma inni as-alukal ‘afwa…dst.” (HR Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah).

Ada juga keterangan dari Abbas bin Abdul Muthallib, saat dirinya bertanya kepada Rasulullah SAW: “Ya Rasulullah, ajarilah aku do’a yang harus aku panjatkan kepada Allah?

Rasulullah SAW bersabda: “Wahai Abbas, mintalah al afiyah (terbebas dari masalah) kepada Allah.” Kemudian, setelah tiga hari, Abbas datang lagi dan mengatakan: “Ya Rasulullah, ajarilah aku do’a yang harus aku panjatkan kepada Allah?

Rasulullah SAW bersabda: “Wahai Abbas, wahai pamanku, mintalah kepada Allah al afiyah (terbebas dari masalah) di dunia dan akhirat.” (HR Bukhari).

Selain itu, hadits dari Anas bin Malik RA juga mengatakan bahwasanya ada seorang yang datang Rasulullah SAW dan bertanya: “Ya Rasulullah, do’a apa yang paling afdhal?

Beliau menjawab: “Mintalah kepada Allah al-afiyah (terbebas dari masalah) di dunia dan akhirat.” Kemudian besoknya dia datang lagi dan bertanya: “Wahai Nabi Allah, do’a apa yang paling afdhal?”

Beliau menjawab: “Mintalah kepada Allah al afiyah (terbebas dari masalah) di dunia dan akhirat. Karena jika engkau diberi al-afiyah di dunia dan akhirat berarti kamu beruntung.” (HR Bukhari).

Itulah beberapa doa dijauhkan dari masalah yang bisa rutin dibaca setiap pagi dan sore agar mendapat keutamaan dan manfaatnya, sehingga apa yang diinginkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *