3+ Doa Aqiqah Lengkap dengan Bacaan dan Artinya, Yuk Panjatkan!

  • Whatsapp

Kelahiran bayi membuat kebahagiaan untuk seluruh keluarga. Oleh karena itu, Rasulullah SAW memberikan sunnah berupa doa aqiqah untuk menebar keberkahan.

Sebagai bagian dari keyakinan masyarakat muslim, aqiqah bukan sebuah upacara saja, tapi diyakini sebagai ajaran yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Aqiqah merupakan bentuk syukur seorang hamba kepada Allah SWT. Ungkapan doa aqiqah harus benar-benar dilandasi ketaatan dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT

Baca Juga: 10 Tips Mudah Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir, Bantu Cegah Iritasi Kulit!

Mengenal Aqiqah

Foto: Lifeinsaudiarabia.net

Berasal dari bahasa Arab, aqiqah artinya memutus dan melubangi. Secara umum, aqiqah adalah aktivitas ibadah menyembelih hewan berupa kambing sebagai bentuk rasa syukur atas lahirnya seorang anak.

Ada beberapa pendapat tentang hukum aqiqah menurut ula.a Ada yang mengatakan bahwa ibadah aqiqah hukumnya wajib, sunnah mu’akad dan juga sunnah.

Dalil atas perintah ibadah ini adalah hadis Rasulullah SAW saat bersabda:

“Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya).

Selain itu, Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy berkata jika Rasulullah SAW bersabda, “Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” (HR Riwayat Bukhari)

Karena inti dari penyelenggaraan aqiqah sebenarnya ada pada penyembelihannya. Adapun acara seperti hajatan yang biasa disebut tasyakuran Aqiqah, hanya merupakan tambahan yang boleh saja dilakukan apabila tidak terdapat pelanggaran syariat.

Baca Juga: Ini Dia 12 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Tuntunan setelah mencukur rambut adalah dengan menimbangnya, kemudian berat rambut tersebut disesuaikan harga emas dan kemudian sedekahkan kepada fakir orang miskin.

Selain itu, ada juga keterangan mengenai perbedaan jumlah kambing untuk bayi laki-laki dan perempuan. Dalilnya adalah hadis berikut ini:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : يُعَقُّ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ ، وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ ، قَالَتْ عَائِشَةُ : فَعَقَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ شَاتَيْنِ شَاتَيْنِ يَوْمَ السَّابِعِ ، وَأَمَرَ أَنْ يُمَاطَ عَنْ رَأْسِهِ الأَذَى وَقَالَ : اذْبَحُوا عَلَى اسْمِهِ وَقُولُوا بِسْمِ اللهِ ، اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ ، هَذِهِ عَقِيقَةُ فُلاَنٍ

Artinya: “Dari Aisyah RA beliau berkata: ‘Anak laki-laki diaqiqohi dengan dua kambing yang setara. Dan anak perempuan satu kambing.’

Aisyah berkata: Rasulullah SAW mengaqiqohi al-Hasan dan al-Husain masing-masing dua kambing pada hari ketujuh (kelahiran).

Beliau memerintahkan agar pada kepala anak itu dihilangkan kotoran. Dan beliau bersabda: ‘Sembelihlah dengan (juga) menyebut nama (anak yang akan diaqiqahi).’

Katakan: ‘Bismillah Allahu Akbar Allaahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan (Dengan Nama Allah, Allah adalah Yang Terbesar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, Ini adalah aqiqoh fulaan).” (HR Baihaqi)

Baca Juga: Moms, Yuk Kenali 12 Refleks pada Bayi Baru Lahir

Bacaan Doa Aqiqah dan Artinya

Doa Aqiqah -2.jpg

Foto: Nlightzmentz.wordpress.com

Terdapat beberapa doa aqiqah yang bisa dibacakan, dengan tujuan agar acara tersebut berjalan lancar, dan semua doa baik untuk anak dan keluarga dikabulkan oleh Allah SWT.

1. Doa Meminta Anak Shalih

Karena anak harus mendapatkan pendidikan dan perlakuan terbaik, doa meminta anak shalih juga harus dipanjatkan.

Para orang tua dapat memanjatkan doa dari Nabi Ibrahim yang sangat berharap kepada Allah SWT agar diberikan anak yang shaleh.

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

(Rabbi hablii minash shaalihiin)

Artinya: “Wahai Rabbku, berilah aku keturanan yang shalih.” (QS Ass-Shaffat: 100)

2. Doa Aqiqah saat Menyembelih

Doa ini bisa dibaca sebelum menyembelih binatang aqiqah, misalnya kambing. Nama anak yang diaqiqah bisa dimasukkan untuk menggantikan kata fulan.

بسم الله والله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان

(Bismillahi wallahu akbar, Allahumma laka wa ilaika hadzihi ‘aqiiqotu fulaan)

Artiya: “Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar. Ya Allah, ini milik-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah Aqiqah si Fulan.” (HR. Baihaqi)

Baca Juga: 7 Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir Terbaik, Jangan Asal Pilih ya Moms!

3. Doa untuk Perlindungan Bayi

Doa aqiqah ini merupakan kebiasaan yang telah dilaksanakan oleh orang-orang shalih terdahulu sebelum Rasulullah SAW.

Dalam Alquran, Allah SWT mengkisahkan bahwa istri Imran yang merupakan ibu dari Maryam, bunda Nabi Isa mendoakan perlindungan untuk anaknya. Allah SWT berfirman:

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَى وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan.

Sesungguhnya aku telah menamai Dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.” (QS Ali Imran: 36)

Ada juga keterangan doa aqiqah lainnya dari hadis yang berasal dari Ibnu Abbas, yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya yaitu al-Hasan dan al-Husain.

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Artinya: “Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR Abu Daud)

Makna menghilangkan gangguan darinya adalah mencukur rambut bayi atau menghilangkan semua gangguan yang ada, menurut kitab Fathul Bari.

Umat Islam bisa melakukan hal yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ini dengan menyesuaikan doa aqiqah sesuai dengan jenis kelamin bayi.

Doa untuk Bayi Laki-laki

أُعِيذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

(U’iidzuka bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah)

Doa untuk Bayi Perempuan

أُعِيذُكِ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

(U’iidzuki bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah)

4. Ucapan Selamat Kelahiran Bayi

Kelahiran bayi merupakan momen yang sangat menggembirakan bagi kedua orang tua dan juga keluarga yang lain.

Oleh karena itu, ada juga coa ucapa selamat atas keharuan tersebut. Misalnya doa dari Hasan al-Bashri sebagai berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي المَوهُوبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

(Baarakallaahu laka fil mawhuubi laka, wasyakartal waahib, wabalagha asyuddah, waruziqta birrah)

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu atas pemberiannya kepadamu, engkau layak bersyukur, (semoga) anakmu cepat dewasa dan engkau diberi rezeki berupa baktinya kepadamu.”

Baca Juga: Mengenal Tes Apgar Score untuk Bayi Baru Lahir

Manfaat Aqiqah

Ide-Nama-Bayi-Laki-Laki-Islam-yang-Artinya-Cerdas-Hero.jpg

Foto: SentraBerita.com Photo Stock

Menurut Repository UIN Raden Intan, terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam pelaksanaan aqiqah, yakni:

  • Nilai pendidikan keimanan. Dengan aqiqah, seseorang telah menunjukkan bukti iman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya
  • Nilai pendidikan ibadah. Dengan aqiqah, seseorang telah melakukan satu ibadah yang disyariatkan dalam Islam
  • Nilai pendidikan akhlak. Dengan aqiqah, akan memunculkan akhlak yang baik pada anak saat sudah dewasa kelak
  • Nilai pendidikan sosial. Dengan aqiqah, akan memunculkan sikap peduli terhadap orang lain

Inilah penjelasan tentang doa aqiqah dan segala hal yang berkaitan dengan momen itu yang perlu untuk diketahui oleh umat Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *