13 Gorila di Kebun Binatang Atlanta Positif Corona, Kok Bisa?

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Sebanyak 13 gorila di Kebun Binatang Atlanta, negara bagian Georgia, Amerika Serikat (AS), telah dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya, para gorila jenis The Western Lowland tersebut tersebut dikonfirmasi Covid-19 setelah penjaga kebun binatang melihat mereka dalam keadaan batuk dan gejala lainnya.

Dilansir dari AFP, Minggu (12/9/2021), hasil tes awal menunjukkan mereka positif virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 dan kebun binatang menyatakan sedang menunggu konfirmasi resmi dari Laboratorium Layanan Hewan Nasional di Ames, Iowa.

Gorila yang berisiko mengalami komplikasi kini sedang dirawat. Sebagai tindak lanjut, seluruh populasi gorila di kebun binatang yang berjumlah 20 ekor sedang diuji kesehatannya.

“Tim sedang memantau gorila yang terkena dampak dengan sangat cermat dan berharap mereka akan sembuh total. Mereka kini menerima perawatan terbaik,” ujar Sam Rivera selaku Direktur Senior Kesehatan Hewan di Kebun Binatang Atlanta.

Pihaknya meyakini, para gorila terinfeksi oleh penjaga dengan status tanpa gejala, meski sebelumnya karyawan tersebut telah divaksinasi dan mengenakan alat perlindungan diri (APD).

“Kami sangat prihatin bahwa infeksi ini terjadi, mengingat protokol keselamatan kami saat bekerja dengan gorila dan spesies hewan rentan lainnya sangatlah ketat,” kata Rivera.

Ia menambahkan, para pengunjung dinilai tidak memberikan potensi penyebaran virus SARS-CoV-2. Sebab diterapkan jarak yang sangat aman antara pengunjung dan para habitat primata di kebun binatang tersebut.

“Manusia memang diketahui dapat menularkan virus ke hewan seperti gorila dan kasus ini telah terjadi di kebun binatang lainnya. Saat ini tidak ada data yang menunjukkan bahwa hewan di kebun binatang dapat menularkan virus tersebut ke manusia,” ujar pihak Kebun Binatang Atlanta.

Sebelumnya, The Atlanta Journal-Constitution melaporkan 13 gorila di kebun binatang itu terinfeksi Covid-19, termasuk Ozzie yang merupakan gorila berusia 60 tahun dan diketahu merupakan gorila tertua di penangkaran tersebut. Rivera mengatakan kepada The Atlanta bahwa Ozzie menunjukkan gejala ringan.

Kebun Binatang Atlanta sebelumnya telah diizinkan menggunakan vaksin Covid-19 merek Zoetis yang dikembangkan untuk hewan dan menginokulasi gorila ketika mereka pulih.

Kebun Binatang Atlanta juga menyatakan akan memvaksinasi orang utan, harimau Sumatera, singa Afrika dan macan pohon (dahan). Selain hewan-hewan tersebut, Covid-19 juga diketahui bisa menginfeksi kucing dan anjing lokal.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *