12 Manfaat temu ireng untuk kesehatan dan kecantikan, meredakan asma

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Temu ireng merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Khasiat dari tanaman temu ireng ini sudah dijadikan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Dilansir dari bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com, di Bangladesh temu ireng digunakan untuk mengobati penyakit rematik.

Temu ireng dikenal dengan rasanya yang pahit, namun di balik rasanya yang tidak enak tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Temu ireng ini memiliki rimpang berwarna biru atau kelabu. Rimpang temu ireng memiliki banyak cabang dan rasa yang pahit.

Sebagai bahan baku jamu tradisional, temu ireng mengandung antioksidan dan minyak atsiri. Temu ireng juga mengandung flavonoid, saponin, kurkuminoid, alkaloid, dan minyak atsiri.

Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan pada temu ireng? Berikut SentraBerita.com telah merangkum 12 manfaatnya baik untuk kesehatan dan kecantikan dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (15/7).

foto: freepik.com

Temu ireng mengandung anthelmintik dan depuratif yang dapat meredakan asma dengan cepat. Selain itu, kandungan kurkuminoid pada temu ireng berfungsi sebagai penetral racun dan meredakan sesak nafas.

2. Menjaga kesehatan pencernaan.

foto: freepik.com

Sejak dahulu temu ireng digunakan sebagai obat herbal untuk meningkatkan nafsu makan. Temu ireng memiliki kandungan kurkumin 62 persen. Kandungan itu berfungsi efektif menjaga kesehatan pencernaan. Temu ireng juga dipercaya mampu menghilangkan kolik dan menghilangkan cacingan yang memengaruhi kesehatan pencernaan. Konsumsi temu ireng secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

3. Melancarkan haid.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu masalah yang sering dialami wanita yaitu siklus menstruasi yang tidak lancar. Selain itu, sebagian besar wanita juga harus merasakan nyeri saat datang bulang. Untuk mengatasi hal tersebut temu ireng bisa menjadi solusinya. Tanaman ini membantu melancarkan dan menghilangkan rasa sakit ketika datang bulan. Caranya cukup minum air rebusan temu ireng dalam kondisi hangat secara rutin setiap pagi.

4. Mengobati ambeien.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: istockphoto.com

Manfaat temu ireng berikutnya dapat mengatasi penyakit ambeien. Cara penggunaannya terbilang mudah, siapkan 15 gram temu ireng. Setelah itu kupas dan parut temu ireng. Seduh parutan temu ireng dengan secangkir air panas. Saring minuman tersebut lalu tambahkan kuning telur ayam dan 2 sendok makan madu. Tunggu hingga dingin, aduk rata. Minum sekaligus setelah bangun tidur.

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: dreamstime.com

Salah satu manfaat temu ireng yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi pada temu ireng berperan sebagai detoksifikasi yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

6. Mengobati kencing nanah.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kencing nanah salah satu penyakit yang sering dialami orang dewasa ini. Penyakit ini disebabkan oleh aktivitas bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Jika tidak segera ditangani, kencing nanah bisa memicu kemandulan pada seseorang.

Tanaman herbal yang diyakini dapat mengatasi kencing nanah yaitu temu ireng. Minum ramuan herbal dari tanaman ini secara rutin untuk mengatasinya. Caranya dengan menumbuk 10 gram temu ireng dicampur 30 gram daun pegagan dan 5 gram umbi gadung. Setelah halus, seduh dengan 3 gelas air panas lalu saring. Minum ramuan herbal ini sehari 3 kali.

7. Meredakan rematik.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan antioksidan pada temu ireng bermanfaat meredakan rematik. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, konsumsi air rebusan ramuan herbalnya. Caranya cukup dengan merebus 10 gram sampai 30 gram temu ireng sampai mendidih. Setelah itu, minum air rebusan temu ireng ini selagi hangat.

8. Membersihkan sirkulasi darah.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Temu ireng mengandung depuratif yang mampu detoksifikasi tubuh. Depuratif ini merupakan pembersih darah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi temu ireng diyakini dapat menjaga kesehatan dan membersihkan sirkulasi darah.

9. Meningkatkan fungsi otak.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan kurkumin pada temu ireng dapat meningkatkan kadar Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF) pada otak. Dengan meningkatnya kadar BDNF memungkinkan untuk menunda penurunan fungsi otak saat memasuki usia lanjut. Selain itu, khasiat kurkumin juga dapat meningkatkan memori otak.

10. Menurunkan risiko penyakit jantung.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin juga dapat meningkatkan fungsi endotel yang merupakan lapisan di pembuluh darah. Jika endotel tidak berfungsi dengan sempurna hal ini menjadi pendorong utama munculnya penyakit jantung. Kandungan kurkumin ini bisa ditemukan dalam tanaman herbal temu ireng. Konsumsi secara rutin untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

11. Mengatasi kulit kering.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya beberapa jenis penyakit saja yang bisa diatasi dari temu ireng. Namun temu ireng juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya dapat mengatasi kulit kering dan kusam akibat sinar UV. Kandungan antioksidan tinggi pada temu ireng berfungsi efektif untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas, sehingga kulit tampak lebih sehat dan lembap.

12. Mengencangkan kulit.

temu ireng untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain itu, kandungan antioksidan ini juga dapat mengencangkan, memutihkan, dan juga menjaga kulit wajah agar tampak awet muda. Senyawa antioksidan ini berperan penting untuk memperlambat proses penuaan dan mengatasi iritasi kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *