10 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang begitu mulia dan sangat istimewa bagi umat Muslim. Di bulan ini, umat Muslim juga diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Allah SWT pun menjanjikan pahala berlipat di bulan ini bagi umatnya yang menjalankan puasa dan melakukan amal kebaikan lainnya.

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan istimewa karena banyaknya peristiwa bersejarah yang terjadi di sepanjang bulan ini. Berikut 10 peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Ramadhan agar kamu bisa semakin memaknai keistimewaan bulan Ramadhan.

1. Turunnya Alquran

Sumber: blog.anteraja.id

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang istimewa karena di salah satu malamnya menjadi malam diturunkannya Alquran, kitab suci umat Islam. Malam diturunkannya Alquran yang jatuh pada tanggal 17 Ramadhan pada 13 tahun sebelum Rasulullah SAW hijrah hingga kini juga terus diperingati dan dikenal dengan malam Nuzulul Quran.

Hal ini juga tertulis pada firman Allah SWT di Q.S Al Baqarah ayat 185 yang artinya : “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)”

2. Terjadinya Perang Badar

Sumber: erwinedwar.com

Pada 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah terjadi peristiwa besar dan bersejarah bagi umat Islam yang dikenal dengan peristiwa perang badar. Pada peperangan tersebut, 313 pasukan Muslim yang tengah berpuasa berhasil memukul mundur 1000 orang pasukan Quraisy dari Mekkah.

Kemenangan umat Muslim di perang badar ini juga tertulis pada firman Allah SWT di Q.S Ali Imran ayat 123 yang artinya : “Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya”

3. Peristiwa Pembebasan Mekkah

Sumber: andaluciaabrar.wordpress.com

Pada tahun 628 Masehi, umat Muslim dan kaum Quraisy menanda tangani Perjanjian Hudaybiyah untuk menyepakati gencatan senjata selama sepuluh tahun. Namun perjanjian tersebut dirusak oleh kaum Quraisy. Kepala suku Quraisy di Mekkah pun mendatangi Rasulullah SAW di Madinah untuk memperbaikinya, namun Rasulullah SAW menolak.

Di tahun 630 Masehi atau 10 Ramadhan 8 Hijriyah, Rasulullah SAW beserta 10000 pasukan Muslim bergerak dari Madinah menuju Mekkah untuk menguasai kota tersebut dan menghancurkan seluruh berhala di sekitar Kabah. Peristiwa pembebasan kota Mekkah itu pun dikenal dengan peristiwa Fathul Makkah.

4. Runtuhnya Berhala Al Uzza

Sumber: ssoossiiaall.blogspot.com

Setelah umat Muslim menguasai Mekkah, Rasulullah SAW menyucikan kota tersebut dengan menghancurkan 360 patung berhala yang ada di sekitar Kabah. Pada 25 Ramadhan tahun 9 Hijriyah, Nabi Muhammad SAW mengutus Khalid bin Walid untuk menghancurkan patung Al Uzza di Nakhla.

Patung Al Uzza dipercaya oleh orang Arab Jahiliyah sebagai patung dewi terbesar yang ada di tempat tersebut dan sering dipakai oleh Masyarakat Arab ketika melafalkan sumpah. Setelah Khalid bin Walid menghancurkan patung Al Uzza, penyembahan patung yang dilakukan oleh masyarakat Arab pun berakhir.

5. Pembebasan Andalusia atau Spanyol

Sumber: historic-uk.com

Andalusia atau Andalus merupakan nama Arab untuk wilayah-wilayah yang berada di Semenanjung Iberia atau yang saat ini menjadi wilayah Spanyol. Pada tanggal 29 Ramadhan tahun 93 Hijriyah, sebuah peristiwa bersejarah terjadi di wilayah ini. Kala itu, panglima Islam Tariq bin Ziyad dikirim oleh pemerintahan Bani Umayyah untuk menaklukan Andalusia.

Tariq bin Ziyad pun memimpin pasukan untuk menyeberangi lautan yang memisahkan Afrika dan Eropa kemudian dan membakar semua kapal agar pasukannya tak berniat untuk mundur. Penaklukkan tersebut membuat Islam mampu berjaya selama delapan abad lamanya di wilayah Andalusia.

Baca juga: Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadhan

6. Kekalahan Tentara Mongol oleh Tentara Islam

Sumber: chargedaffairs.org

Jenderal tentara Mongol Gengis Khan dikenal sebagai jenderal yang begitu ditakuti. Pada tahun 126 hingga 1405 Masehi di bawah pimpinannya, kaum Mongol berhasil menaklukan hampir seluruh benua Asia dan membunuh banyak nyawa. Namun pada 15 Ramadhan tahun 658 Hijriyah, sebuah peristiwa bersejarah terjadi.

Pada tahun itu, tentara Islam dan para ulama yang dipimpin Sultan Qutuz dari dinasti Mamluk bertempur dengan tentara Mongol di ‘ain jalut. Pertempuran tersebut dimenangkan oleh tentara Islam dan menjadi penaklukan yang bersejarah ditengah kekuatan tentara Mongol yang saat itu disebut pasukan terbaik.

7. Kembalinya Rasulullah SAW dari Perang Terakhirnya di Tabuk

Sumber: sirohnabawiyah.com

Perang Tabuk merupakan perang terakhir bagi Rasulullah SAW. Perang ini berlangsung selama 30 hari. Perang Tabuk dimulai pada bulan Rajab tahun 9 Hijriyah dan baru berakhir pada tanggal 26 Ramadhan tahun 9 Hijriyah. Peperangan ini dimulai saat Rasulullah SAW dan pasukan Islam berangkat dari Madinah menuju Tabuk yang berjarak sekitar 800 kilometer.

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya Perang Tabuk ini. Salah satunya adalah munculnya ancaman dari Ukaidir bin Abdul Malik yang akan memberontak dengan bantuan dari pasukan Romawi. Selain itu, perang ini juga dipicu oleh munculnya kaum munafik yang berniat untuk memecah belah umat Muslim.

8. Wafatnya Istri dan Putri Rasulullah SAW

Sumber: indiespot.id

Allah SWT memilih orang-orang terbaik untuk dipanggil pada bulan Ramadhan. Dalam sejarah, dua orang tercinta dari Rasulullah SAW pun meninggal di bulan Ramadhan. Mereka adalah Khadijah Kubro, istri Rasulullah dam Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah. Fatimah Az-Zahra wafat pada tanggal 3 Ramadhan tahun 3 Hijriyah di usia 28 tahun.

Sementara istri Nabi Muhammad SW, Khadijah Kubro meninggal pada 10 Ramadhan di tahun ke sepuluh kenabian. Beliau meninggal pada usia 65 tahun karena sakit. Sebelum meninggal, kedua wanita yang dimuliakan itu telah memberikan sumbangsih yang besar bagi Islam dan membantu Nabi Muhammad SAW menyebarkan dakwah Islamnya.

9. Masuknya Islam ke Yaman dalam Satu Hari

Sumber: bincangsyariah.com

Wilayah Yaman terletak di selatan semenanjung Tanah Arab. Pada waktu itu, Yaman merupakan wilayah yang paling maju di Semenanjung Arabia. Di bulan Ramadhan tahun ke 10 Hijriyah, Nabi Muhammad SAW mengutus saudara sepupu yang juga menantunya, Ali bin Abi Thalib untuk mengantarkan surat dari beliau untuk penduduk Yaman.

Setelah peristiwa tersebut, beberapa suku terkemuka di Yaman, termasuk Bani Himyar, mengirim delegasi ke Madinah untuk menyatakan kesediaan mereka menerima Islam. Peristiwa tersebut terjadi dalam periode satu hari dan semua kelompok mereka memeluk agama islam secara aman.

10. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Ramadhan juga menjadi bulan yang bersejarah bagi rakyat Indonesia. Kemerdekaan Republik Indonesia yang menjadi titik mula kebangkitan Indonesia ini diproklamasikan pada 17 Agustus tahun 1945 juga terjadi di bulan Ramadhan, tepatnya pada hari Jumat 9 Ramadhan tahun 1364 Hijriyah.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang terjadi di bulan Ramadhan tersebut mengakhiri penjajahan Indonesia oleh warga asing yang sudah berlangsung sejak 350 tahun lebih. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) untuk proklamasi kemerdekaan ini juga dibentuk satu hari menjelang malam pertama bulan Ramadhan.

Itulah sepuluh peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Ramadhan. Dengan banyaknya peristiwa penting yang terjadi di bulan ini, semoga kita bisa semakin memuliakan bulan Ramadhan dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya ya! Bagaimana dengan Ramadhanmu kali ini? Ceritakan di kolom komentar yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *